IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR DRIBBLING DAN SHOOTNG (KAKI BAGIAN DALAM) SEPAK BOLA

Nurvi Nurvi, I Nyoman Sukaarta, Titi Titi, Idanti Patioran

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Teknik Dasar Dribbling Dan Shooting (Kaki Bagian Dalam) Sepak Bola Pada Siswa Kelas VI SD N 3 Tanantovea. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian menggunakan 2 siklus satu siklus terdiri dari 2 kali pertemuan yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Pada siklus I aktivitas secara klasikal mencapai (7,2) dan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai (81%), berdasarkan rentang ketuntasan 80% – 89% dalam katagori (baik). Pada siklus II, aktivitas secara klasikal adalah mencapai (8,9) dan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 90%, berdasarkan rentang  ketuntasan  90% – 100 % dalam katagori (sangat baik). Rata-rata aktivitas teknik dasar Dribbling Dan Shooting (Kaki Bagian Dalam) Sepak Bola adalah 8,05 (aktif) dan hasil belajar teknik dasar Dribbling Dan Shooting (Kaki Bagian Dalam) Sepak Bola 85,5% (baik).Dapat disimpulkan bahwa, aktivitas dan hasil belajar teknik dasar Dribbling Dan Shooting (Kaki Bagian Dalam) Sepak Bola meningkat melalui Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD)Pada Siswa Kelas VI SD N 3 Tanantovea.

Keywords


Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, aktivitas, hasil belajar, sepak bola.

Full Text:

PDF

References


Agus, Suprijono, (2009) Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta Pustaka Pelajar.

Depdiknas, 2006. Badan Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ibrahim dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kanca, I Nyoman. 2010. Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.

Lutan, R. 2000. Perencanaan Pembelajaran Penjaskes. Jakarta: Depdiknas

Luxbacher, Joseph. 2011. Sepak Bola Langkah-Langkah Menuju Sukses. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Mielke, D. 2007. Dasar-Dasar Sepak bola. Bandung: Pakar Raya.

Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK.

Malang: Universitas Negeri Malang.

Nurkancana, dan Sunartana. 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya : Usaha Nasional.

Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran. Cetakan Ke-1. Bandung : PT Rajagrafindo Persada.

Santyasa, I W. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Buku Ajar (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikian Fisika, Fakultas MIPA, IKIP Negeri Singaraja.

Satyawan, I Made. 2012. Buku Ajar Permainan Sepak Bola. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.

Subadi, T. 2011. Pengembangan Peningkatan Kualitas Guru Melalui Pelatihan Lesson Study Bagi Guru SD Eks Karesidenan Surakarta. Tersedia pada

Subardi, H. 2007. Sepak bola. Indonesia: PT Macanan Jaya Cemerlang

Subagyo, dkk. 2008. Perencanaan Pembelajaran Penjas. Jakarta: Universitas Terbuka

Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukarjo, S. dan Nurhasan.1992. Evaluasi Pengajaran Pendidikan Jasamani dan Kesehatan. Surabaya : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Syaiful Sagala.2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung,CV. Alvabeta.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Yuliantoro, Agus. 2005. Penelitian Tindakan Kelas dengan Metode Mutahir - untuk Pengembangan Profesi Guru. Yogyakarta: ANDI

Yusuf, M. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP




DOI: https://doi.org/10.37905/jscaj.v2i2.24401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.