Analisis Tingkat Stres, Cemas, dan Depresi Pada Atlet ESport Selama Pertandingan ESport Mobile Legends Kota Gorontalo
Abstract
Atlet Esport menghadapi tantangan unik seperti jam latihan yang panjang, kebutuhan untuk tetap fokus dalam jangka waktu yang lama, dan tekanan untuk terus meningkatkan keterampilan. Tujuan untuk mengeskplorasi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap meningkatnya stress, cemas, dan depresi serta mengidentifikasi strategi manajemen yang efektif dalam mengatasi atau mengurangi tingkat stress, cemas, dan depresi pada atlet ESport. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet ESport 9 tim terdiri dari 7 orang total populasi yaitu 63 orang sampel dalam penelitian ini 21 responden teknik cluster sampling. Pengumpulan data menggunakan angket kuesioner DASS-42. Teknik analisis data dengan deskripsi presentasi.
Hasil Penelitian ini didapatkan dari 21 responden yaitu atlit mengalami stress (33,3%) dengan kategori stress tertinggi sedang sebesar (14,3%), depresi sejumlah (38,1%) dengan kategori depresi tertinggi ringan sebesar (28,6%), dan cemas (57,1%) dengan kategori cemas tertinggi sedang dan parah sebesar (23,8%). Kesimpulan Tingkat stres, depresi, dan kecemasan dipengaruhi oleh berbagai faktor yang saling terkait. Untuk mengatasi stres, kecemasan, dan depresi, beberapa metode yang efektif adalah meditasi, latihan pernapasan, serta dukungan psikologis.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Brown, M., & Martinez, P. (2023). Biological factors in esports athletes' mental health: A systematic review. Journal of Sports Psychology, 45(3), 234-248.
Chen, L., & Taylor, R. (2023). Holistic approaches to mental health management in esports. International Journal of Gaming Studies, 12(2), 89-103.
Hadjarati, H., Haryani, M., & Nurkhoiroh, N. (2023). Levels of depression, anxiety, and stress of PPLP Gorontalo karate and pencak silat athletes facing the national sports week qualification round. Indonesian Journal of Research in Physical Education, Sport, and Health, 1(2), 110-120.
Henderson, K., & Zhang, W. (2024). Creating supportive environments for esports athletes' mental wellness. Esports Healthcare Quarterly, 8(1), 15-29.
Kim, S., & Johnson, R. (2023). Structured interventions for anxiety management in competitive gaming. Gaming Psychology Review, 31(4), 412-426.
Lovibond, P. F., & Lovibond, S. H. (1995). The structure of negative emotional states: Comparison of the Depression Anxiety Stress Scales (DASS) with the Beck Depression and Anxiety Inventories. Behaviour research and therapy, 33(3), 335-343.
Kumar, V., & Singh, A. (2024). Psychosocial determinants of mental health in professional esports. Sports Medicine Research, 19(1), 45-59.
Kurniawan, F. (2019). E-sport dalam fenomena olahraga kekinian. JORPRES (Jurnal Olahraga Prestasi), 15(2), 61-66.
Park, J., et al. (2023). Anxiety patterns in competitive esports environments. Journal of Athletic Performance, 28(2), 167-181.
Puspitasari, D. I., Suprayitno, E., & Bustami, B. (2021). Tingkat Stres Kerja Perawat Instalasi Gawat Darurat pada Masa Pandemi Covid-19. Wiraraja Medika: Jurnal Kesehatan, 11 (1), 25–29.
Rahmayani, R. D., Liza, R. G., & Syah, N. A. (2019). Gambaran tingkat stres berdasarkan stressor pada mahasiswa kedokteran tahun pertama program studi profesi dokter fakultas kedokteran universitas andalas angkatan 2017. Jurnal kesehatan andalas, 8(1), 103-111.
Rodriguez, M., & Lee, S. (2022). Environmental influences on esports athletes' mental health. Sports Science Journal, 15(4), 321-335.
Rossi, L., Breuer, C., & Feiler, S. (2020). Determinants of non-profit sports clubs’ perceived competition from commercial sports providers. Sport management review, 23(4), 736-749.
Thompson, B., & Wilson, C. (2023). Stress patterns in professional esports: A longitudinal study. International Gaming Research, 42(1), 78-92.
Williams, D., et al. (2024). Multidisciplinary approaches to mental health support in esports. Journal of Sports Medicine, 55(2), 189-203.
DOI: https://doi.org/10.37905/jscaj.v3i2.28056
Refbacks
- There are currently no refbacks.