PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR SEPAKTAKRAW PADA ANAK REMAJA AWAL

Vivin Mahdiana S. Husain, Rahmat Usman, Juwita Agustina, Rahmayanti Paputungan, Dayu Aprianty Gaib

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media produk media video pembelajaran teknik dasar sepaktakraw untuk anak remaja awal dengan usia 11-14 tahun. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model desain pembelajaran ADDIE (Analyze-Desgin-Development-Implement-Evaluate). Subjek dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu, kelompok kecil pada10 siswa SDN 2 Talaga Jaya dan kelompok besar pada 30 siswa SDN 1 Talaga Jaya serta tanggapan guru mata pelajaran pjok. Media ini dinilai kelayakannya oleh ahli materi dan ahli media dengan menggunakan angket. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket yang diisi oleh siswa sebagai subjek penelitian serta dokumentasi penelitian. Hasil data berupa data kualitatif yang dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian diperoleh dari produk media video teknik dasar sepaktakraw berbentuk aplikasi berkapasitas 14MB. Hasil presentase kelayakan secara keseluruhan yang didapatkan dari ahli materi, ahli media, kelompok kecil, kelompok besar, serta tanggapan guru mata pelajaran pjok menunjukkan bahwa media video pembelajaran teknik dasar sepaktakraw “sangat layak” dan dapat dijadikan referensi dalam pembelajaran.


Keywords


Pendidikan, sepaktakraw, teknologi informasi, media pembelajaran, video pembelajaran, teknik dasar, sekolah dasar, PJOK.

Full Text:

PDF

References


Abdul Gaffar, M. dan I. K. W. 3. (2021). Abdul Gaffar1, Maulidin2 dan Intan Kusuma Wardani 3. Cahaya Mandalika, 2(3), 130–134.

Anggy Giri Prawiyogi. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452.

Annisa, H. S. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kontekstual Pada Materi Bangun Datar Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08.

Bagas Wahyu Nugroho, S. (2021). Indonesian Journal for Pengembangan Media Pembelajaran Sepaktakraw Berbasis Android Bagi. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(2), 504–509.

Dharmadi, M. A. (2022). BeFind : Start-Up Sports Training Untuk Meningkatkan Industri Olahraga Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Mimbar Ilmu, 27(2), 333–339.

Hanafi, M. (2020). Efek Metode Passing Dengan Tembok Terhadap Peningkatan Receive Dalam Permaianan Sepak Takraw. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 44–49.

Hasanah, H. (2016). Teknik-teknik observasi. Jurnal At-Taqaddum, 8, 21–46.

Masa, S., & Haryanto, A. I. (2022). Perbedaan pengaruh metode dril terhadap teknik dasar sepak takraw. Jambura Sports Coaching Academic Journal, 4(1), 10–16.

Moto, M. M. (2019). Indonesian Journal of Primary Education Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28.

Pristiwanti, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling Volume, 4, 7911–7915.

Rustandi, A. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57–60.

Trivaika, E., & Senubekti, M. A. (2022). Perancangan Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi Berbasis Android. Jurnal Nuansa Informatika, 16, 33–40.

Buku Teks:

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Skripsi/Tesis/Desertasi:

Galih Dwi Nur Pasha. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajran Teknik Dasar Sepak Bola Untuk Anak Usia Dini. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Hardiyansah Bahar. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Permaianan Bola Basket Di SMA Negeri 2 Sinjai. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Makassar.




DOI: https://doi.org/10.37905/jscaj.v4i1.30922

Refbacks

  • There are currently no refbacks.