Cover Image

Analisis Dosis Serap Radiasi Foto Thorax Pasien Dewasa Di Instalasi Radiologi RSUD Undata Kota Palu

Ni Luh Sri Maharani, I Made Hermanto, Nurhyati Nurhayati

Abstract


Analisis dosis serap radiasi foto thorax pasien dewasa di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Undata Kota Palu, telah berhasil dilakukan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar nilai terimaan dosis serap radiasi sinar-X foto thorax pasien dewasa, menggunakan metode uji statistik kesamaan dua rata-rata, yang kemudian dibandingkan terhadap standar ketentuan BAPETEN. Dari hasil pengolahan data statistik, diperoleh besarnya nilai dosis serap radiasi sinar-X yang diterima oleh pasien adalah 0,0155 mGy, sedangkan dari hasil uji kesamaan dua rata-rata antara dosis serap radiasi sinar-X yang diterima oleh pasien pria dan pasien wanita diperoleh bahwa  nilai -ttabel  thitung  +ttabel (-2,47  -0,21  2,47). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai terimaan dosis serap radiasi sinar-X masih jauh berada dibawah standar BAPETEN sebesar 0,4 mGy, sehingga radiodiagnostik pada foto thorax pasien dewasa di RSUD Undata Palu masih cukup aman dan hasil uji statistik menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan rata-rata antara dosis serap radiasi sinar-X yang diterima oleh pasien pria maupun pasien wanita.


Keywords


Thorax; X-ray Radiation; Absorbent Dose

Full Text:

PDF PDF

References


Alatas, Zubaidah. 2015. Buku Pintar Fisika Nuklir. PUSPITEK Serpong: BATAN.

BAPETEN. 2011. Pedoman Radiasi Pada Penggunaan Pesawat Sinar-X Radiologi Diagnostik dan Konvensional. Jakarta: Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2011 Nomor 639

Bushong, Steward C. 1988. Radologic Science for Technologists. United State of America : CV. Mosby Company.

Fahmi, A., Firdausi, K. S., Budi, W. S. 2008. Pengaruh Faktor Eksposi Pada Pemeriksaan Abdomen Terhadap Kualitas Radiograf dan Paparan Radiasi Menggunakan Computed Radiography. Berkala Fisika, 11 (4), 109-118.

Widayati, Evi. 2013. Analisis Dosis Serap Radiasi Foto Throak Pada Pasien Anak Diinstalasi Radiologi Rumah Sakit Paru Jember. Universitas Jember.

Yuliati, H. dan Kusumawati, D.D. 2006. Terimaan Dosis Radiasi Foto Thorak oleh Pasien Anak. Prosiding Pertemuan dan Presentasi Ilmiah Fungsional Teknis non Peneliti: 155-164




DOI: https://doi.org/10.34312/ljpa.v1i1.18559

Copyright (c) 2022

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.