Penerapan Metode Rating Scale Sebagai Penilaian Kinerja Petugas Rekam Medis Di Rumah Sakit Islam (RSI) Gorontalo

Sabna I Hippi, Herlina Jusuf, Sylva Flora Ninta Tarigan

Abstract


Rekam Medis merupakan unit penting di rumah sakit, oleh karena itu dilakukan penilaian kinerja petugas rekam medis karena pelaksanaan kegiatan rekam medis harus dikelola oleh orang yang kompeten dibidangnya. Penelitian ini bertujuan menilai bagaimana kinerja petugas dan sumber daya manusia dalam penilaian kinerja petugas rekam medis. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode penelitian deskrptif analitik. Subjek dalam penelitian ini adalah petugas rekam medis rawat jalan (poliklinik), rawar inap dan UGD berjumlah 40 responden di RSI Gorontalo. Hasil penelitian diperoleh bahwa dari 40 responden kualitas kerja baik yaitu sebanyak 26 responden (65,0%), kualitas kerja cukup sebanyak 11 responden (27,5), kualitas kerja kurang sebanyak 3 responden (7,5%). Kuantitas kerja diketahui bahwa dari 40 responden kuantitas kerja baik sebanyak 26 responden (65,0%), kuantitas kerja cukup dan kurang sebanyak 7 responden (17,5%). Ketepatan waktu diketahui bahwa dari 40 responden yang tepat waktu sebanyak 28 responden (70,0%), tidak tepat waktu sebanyak 12 responden (30,0%). Untuk tingkat pengetahuan diketahui bahwa yang memiliki tingkat pengetahuan baik sebanyak 11 responden (27,5%), tingkat pengetahuan cukup sebanyak 17 responden (42,5%), tingkat pengetahuan kurang sebanyak 12 responden (30,0%). Dan berdasarkan variabel sikap diketahui bahwa dari 40 responden yang memiliki sikap positif sebanyak 28 responden (70,0%), sikap negatif sebanyak 12 responde (30,0%). Saran bagi RSI Gorontalo agar dapat meningkatkan kinerja dan sumber daya manusia dari segi kualitas, kuantitas, ketepatan waktu, pengetahuan dan sikap yang menjadi faktor paling utama dalam penilaian kinerja.

Full Text:

PDF

References


Ardana. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Aries dan Sigit Wahyu Baskoro. (2012). Pengaruh Motivasi Kerja dan Gaya Kepemimpinan terhadap Disiplin Kerja Serta Dampaknya Pada Kinerja Karyawan

Astuti, R dan Anunggra, D.I. (2013). Faktor-Faktor Penyebab TerjadinyaMissfile di Bagian Filling. KTI. Semarang: Universitas Dian Nuswantoro

Azwar, S. (2011). Sikap dan Perilaku Dalam: Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cascio, Wayne F. (2016). Managing Rating Scale. Colorado: Mc Graw-Hill dari Teori ke Praktek. Depok: PT RajaGrafindo Persada

Depkes, Permenkes RI, No. 269/MenKes/Per/III/2008, Tentang Rekam Medis.Jakarta : Depkes RI. 2008

Irwan. (2021). Metode penelitian Kesehatan (1st ed.). Zahir Publishing Islamic Studies.Volume 2, No. 2. 2017

Kepmenkes RI Nomor : 983/Menkes/SK/XI/1992 tentang Pedoman Organisasi Rumah Sakit Umum.

Likert, Rensis. (1932). A Technique for the Measurement of Attiudes. Archives ol Psychologi.140: 1-55

Louis Thurstone. (1928). Sikap Dapat diukur : american journa of sociology.

Mahdang, P. A., & Ahmad, Z. F. (2021). Pengaruh Sikap, Pengetahuan, Dan Fasilitas Perusahaan Terhadap Pemberian Asi Ekslusif Oleh Pekerja Wanita. Madu: Jurnal Kesehatan, 10(2), 26-33.

Maimun. (2017). Pola Pendidikan Pesantren Perspektif Pendidikan Karakter. Journal of Islamic Studies.Volume 2, No. 2. 2017

Maimun. (2017). Pola Pendidikan Pesantren Perspektif Pendidikan Karakter. Journal of

Mangkunegara, (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Mangkunegara, (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Matutina yang dikutip oleh Raja, (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia

Meigian, AH 2014.Analisis Kelengkapan Pengisian Resume Medis Pasien Hyperplasia Of Prostate Pada Dokumen Rekam Medis Rawat Inap Di Rumah Sakit Mulia Hati Wonogiri Tahun 2013, diakses pada 31 Agustus 2017

Menkes RI. (1998). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesian Nomor 159b/MENKES/PER/II/1988. Tentang Rekam Medis. Jakarta: Kementrian Republik Indonesia

Mondy dan Noe, (2015), Human Resource Management, Tenth Edition, Jilid I, Penterjemah Bayu Airlangga, M.M. Erlangga, Jakarta.

Mukarom, Zaenal dan Muhibudin Wijaya Laksana, (2018). Manajemen Pelayanan Publik. CV Pustaka Setia, Bandung.

Muninjaya. (2014). Manajemen Buku Kesehatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran.

Oktamianiza & Andriani, S. (2008). Tinjauan Kondisi Fisik Ruangan Terhadap Kinerja Petugas dalam Pengolahan Rekam Medis. (269), 83–87.

Permenkes, 2020.Peraturan Menteri Kesehatan No. 3 Tahun 2020 Tentang Klasifikasi dan Peirizinan RUmah sakit.

Prasetya, E., Nurdin, S. S. I., & Ahmad, Z. F. (2021). Hubungan Pemanfaatan Sumber Informasi Dengan Sikap Wanita Usia Subur Tentang Kesehatan Reproduksi. Madu: Jurnal Kesehatan, 10(1), 1-8.

Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang RI Nomor 49 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit.

Ritonga, Z. A., & Rusanti, S. (2018). Gambaran Sistem Penyelenggaraan Rekam Medis Di Rumah Sakit Umum Bunda Thamrin Tahun 2018. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda, 3(2), 498–509.

Rivai, Veithzal, dkk. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan:

Sari, Irine Diana. (2010). Manajemen Pemasaran Rumah Saki., Yogyakarta, Nuha Medika.

Sari, R.P., Rahmawati, F., Pramantara, I.D.P. (2013). Perbandingan Biaya Rill Dengan Tarif INA – CBGS’s dan Analisis Faktor yang Mempengaruhi Biaya Rill Pada Pasien Diabetes Militus Rawat Inap Jamkesmas Di RSUP DR. Sardjito Jogjakarta. Jogjakarta. Jurnal Spread Volume 4(1)

Sharon, L. G., & Santosa, S. B. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Fasilitas, Citra Rumah Sari, R.P., Rahmawati, F., Pramantara, I.D.P. 2013.Perbandingan Biaya Rill Dengan Tarif INA – CBGS’s dan Analisis Faktor yang Mempengaruhi Biaya Rill Pada

Sidiq R, Afrina R. (2017). Kajian efisiensi pelayanan rumah sakit Jurnal: Politeknik Kementerian Kesehatan Aceh, Volume VIII

Subowo, L. Faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan. Jakarta: Sagung, Seto.

Sugiyono. (2015). Metode Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Sundari, R. (2016). Pemanfaatan dan Efisiensi Kurkumin Kunyit (Curcuma Domestica Val) Sebagai Indikator Titrasi Asam Basa.Teknoin. vol. 22 No.8 hlm 595-601

Suryanti, N. (2002). Faktor- faktor yang Berhubungan dengan Lamanya Waktu Proses Pendaftaran Pasien Rawat Inap di RS Pondok Indak. Tesis FKM UI. Jakarta.

Wijaya, Dharma dan Roy Irawan. (2018) Prosedur Administrasi Penjualan Barang pada usaha jaya teknika Jakarta Barat.16(1): 26-2

Willson and Heyyel. (1987). “Hand Book Of Modern Office Management and Administration Service.” Mc Graw Hill Inc. New Jersey.Willson and Heyyel. 2013. “Hand Book Of Modern Office Management and Administration Service.” Mc Graw Hill Inc. New Jersey.




DOI: https://doi.org/10.56796/phsr.v1i1.16413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Public Health and Surveillance Review

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.