Pelaksanaan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Di Puskesmas Sipatana Menggunakan Metode Human Organization Technology Fit (Hot-Fit)

Insan Mohi, Sylva Flora Ninta Tarigan, Ramly Abudi

Abstract


Sistem Informasi Manajemen Puskesmas adalah Tatanan manusia/peralatan yang menyediakan informasi untuk membantu proses manajemen puskesmas mencapai sasaran kegiatan. Pelaksanaan SIMPUS di Puskesmas Sipatana belum maksimal. Masih ada bagian pemegang program yang belum menggunakan SIMPUS, hanya melakukan pencatatan dan pelaporan secara manual dan kadang juga petugas masih sering terlambat dalam penginputan data. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Dengan menggunakan strategi total sampling, jumlah sampel dalam penelitian ini sama dengan jumlah populasi yaitu 25 responden yang menggunakan SIMPUS. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan Metode Human Organization Technology Fit. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari hasi hitung yang dilakukan menggunakan metode HOT-Fit di peroleh aspek human bernilai (3,10), aspek organization bernilai (2,99), aspek technology bernilai (2,97) dan aspek benefit bernilai (3). Pelaksanaan SIMPUS di Puskesmas Sipatana sudah baik berdasarkan metode HOT-Fit. Namun masih ada beberapa kendala yang ditemukan seperti kurangnya pemahaman mengenai sistem yang digunakan dan kendala jaringan.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Z. F. (2021). The E-Learning Utilization On Attitudes And Behavior Of Diarrhea Prevention During Pandemic. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(6), 231-236.

Amalia, L. (2022). Persepsi Siswa Tentang Pelayanan Kesehatan Reproduksi Remaja dan Pemanfaatan Pusat Informasi Dan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja (PIK-KRR) di Sekolah.

Ayuardini, M., & Ridwan, A. (2019). Implementasi Metode Hot Fit pada Evaluasi Tingkat Kesuksesan Sistem Pengisian KRS Terkomputerisasi. Faktor Exacta. 12(2): 123-125.

Prasetya, E., Nurdin, S. S. I., & Ahmad, Z. F. (2021). Hubungan Pemanfaatan Sumber Informasi Dengan Sikap Wanita Usia Subur Tentang Kesehatan Reproduksi. Madu: Jurnal Kesehatan, 10(1), 1-8.

Kasman. (2018). Pelaksanaan Sistem Informasi Kesehatan (SIK) Dalam Pengelolaan Data Dan Informasi Pada Dinas Kesehatan Kota Pagar Alam Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Ilmiah Betrik. 9(1): 25.

Mulyadi, D., & Choliq, A. (2017). Penerapan Metode Human Organization Technology (HOT-Fit Model) untuk Evaluasi Implementasi Aplikasi Sistem Informasi Persediaan (SIDIA) di Lingkungan Pemerintah Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Teknologi - Informasi dan Sains. 7(2): 2-6.

Putra et.al. (2020). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (Sim-Pus) Pada Unit Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan Di Puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang. Jurnal Abdimas Saintika. 2(2): 68.

Sulaiman, E. S. (2021). Manajemen Kesehatan Teori dan Praktik di Puskesmas. Gadjah Mada University Press: Yogyakarta.

Wibisono, S., & Munawaroh, S. (2012). Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (Simpuskesmas) berbasis Cloud Computing. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK. 17(2): 142.

Wulandari, F. (2016) Efektifitas Penerapan Layanan E-puskesmas di Kota Makassar. Makassar.

Yusof, M. M., Paul, R. J., & Stergioulas, L. K. (2006, January). Towards a framework for health information systems evaluation. In Proceedings of the 39th annual Hawaii international conference on system sciences (HICSS'06) (Vol. 5, pp. 95a-95a). IEEE.




DOI: https://doi.org/10.56796/phsr.v1i1.16545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Public Health and Surveillance Review

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.