Peningkatan Ekonomi Masyarakat Pesisir Melalui Pengolahan Ikan di Desa Luhuto Kecamatan Biau Kabupaten Gorontalo Utara

Astin Lukum, Tirtawaty Abdjul, Ritin Uloli

Abstract


Kegiatan KKN-Tematik ini bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir melalui pengolahan ikan di Desa Luhuto Kecamatan Biau Kabupaten Gorontalo Utara. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan KKN-Tematik ini berupa metode pelatihan dan pendampingan dengan  memberikan pelatihan dan praktek pengolahan yang meliputi pemilihan bahan, pengembangan produk, dan pemilihan kemasan. Kegiatan KKN ini dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu persiapan dan pembekalan yang diawali dengan melakukan survey lapangan, memberikan materi persiapan dan pembekalan kepada mahasiswa, dan melaksanakan program KKN yang telah direncanakan serta merencanakan program lanjutan. Target dari pelaksanaan kegiatan ini adalah meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir Desa Luhuto Kecamatan Biau Kabupaten Gorontalo Utara dengan memberikan pelatihan dan pendampingan cara pengolahan ikan menjadi makanan yang dapat bernilai jual tinggi. Luaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah 1) menghasilkan olahan ikan yang berupa ikan nugget, ikan bakso dan perkedel ikan; 2) meningkatnya keterampilan masyarakat pesisir  dalam mengolah hasil laut untuk menjadi menjadi makanan yang bernilai jual tinggi., dan 3) meningkatnya keterampilan masyarakat pesisir dalam memasarkan hasil olahan ikan yang telah dibuat.

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2010. Konsumsi Daging Masyarakat. Jurusan Teknologi Pangan dan Gizi IPB. Bogor.

Badan Standarisasi Nasional. (2008). Angka lempeng total nugget SNI 01-6683-2002

Daniati, T. 2005. Pembuatan Bakso Ikan Cucut dengan Bahan Tambahan Jenis Tepung yang Berbeda. Tugas akhir. Jurusan Teknologi Jasa dan Produksi. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Semarang.

Dewan Standar Nasional. 1995. Bakso Daging. Standar Nasional. SNI No. 01- 3818- 1995. Badan Standarisasi Nasional, Indonesia.

Ending Muliyatiningsih. 2007. Teknik-teknik Dasar Memasak. Yogyakarta: PTBBFT UNY

Purnomo,H.1998. “Kajian Mutu Bakso Daging, Bakso Urat dan Bakso Aci Di Daerah Bogor ”.Skripsi. Fakultas Teknologi Pertanian. Bogor: Institusi Pertanian Bogor.

Suprapti, L. 2003. Membuat: Bakso Daging dan Bakso Ikan. Kanisius.Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.37905/sibermas.v10i1.10394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

LPPM Universitas Negeri Gorontalo

Jln. Jenderal Sudirman No.6 Kota Gorontalo

Homepage : http://lppm.ung.ac.id

E-mail: lpm@ung.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Sibermas (Sinergi Bersama Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License