Pembinaan Dan Penguatan Keluarga Sebagai Upaya Menekan Angka Stunting Melalui Program Keluarga Berencana Di Desa Marisa Kecamatan Popayato Timur Kabupaten Pohuwato

Rosbin Pakaya, Suriyadi Datau

Abstract


Salah satu permasalahan yang ada di Desa marisa adalah kebiasaan penduduk setempat, khusus aktivitasnya di bidang pertanian atau perkebunan, seringkali mengharuskan orang tua meninggalkan anaknya di rumah. Hal ini seringkali menjadikan anak kurang dalam mendapatkan asupan gizinya, terutama ASI dan MP-ASI. Tujuan program ini adalah sebagai upaya pencegahan stunting serta upaya pembangunan dan penguatan keluarga demi menuju terwujudnya keluarga sejahtera, khususnya di Desa Marisa, Kecamatan Popayato Timur Kab.Pohuwato. Metode yang dilakukan adalah penyuluhan, pelatihan, penguatan kelompok. Hasil dan dampak dilakukannya program ini bahwa melalui program-program yang dilaksanakan oleh KKN yang bekerjasama dengan BKKBN maka  adanya  peningkatan kesadaran masyarakat terhadap masalah stunting dan penanggulangannya, tercipta kondisi lingkungan yang mendukung program penguatan 1000 HPK sebagai pencegahan stunting dan tercipta rasa kesatuan yang mampu menguatkan warga dalam pembentukan kampung KB.


Full Text:

PDF

References


Infodatin. (2016). Situasi balita pendek. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI Pusat Data dan Informasi.

_______.(2018). http://jogja.tribunnews.com/2018/02/08/tangani-kasus-stunting-nan-tinggi-kulonprogo diintervensi-kementerian-kesehatan, diakses pada tanggal 8 September 2018.

Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan. (2017). 100 Kabupaten/Kota Prioritas Untuk Intervensi Anak Kerdil (Stunting). Jakarta: Sekretariat Wakil Presiden Republik Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.37905/sibermas.v10i2.10409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

LPPM Universitas Negeri Gorontalo

Jln. Jenderal Sudirman No.6 Kota Gorontalo

Homepage : http://lppm.ung.ac.id

E-mail: lpm@ung.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Sibermas (Sinergi Bersama Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License