Pendampingan Masyarakat Desa Melalui Penyusunan Rencana Kerja Desa Membangun

Lanto Ningrayati Amali, Sitti Suhada, Muhammad Rifai Katili

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai pada kegiatan KKN tematik desa membangun adalah meningkatkan prakarsa, kesadaran dan partisipasi masyarakat desa dalam pembangunan desa yang partisipatif.Target khusus yang ingin dicapai adalah: (1) mengoptimalkan kinerja pemerintahan desa dan meningkatkan kapasitas masyarakat desa dalam proses pembangunan desa, dan (2) mengefektifkan pemerintahan desa dalam mencapai pembangunan desa. Untuk mencapai tujuan dan target khusus ini metode yang digunakan adalah dengan transfer ilmu pengetahuan dan teknologi melalui pelaksanaan pendampingan dan sosialisasi dalam mendorong prakarsa dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa.

Full Text:

PDF

References


Chandra, Ganesh. 2014. “Participatory Rural Appraisal”. Issues and Tools for Social Science Research in Inland Fisheries. Central Inland Fisheries Research Institute. Bulletin 163: 286-302.

Chambers, R. 1994. “The Origins and Practice of Participatory Rural Appraisal.” World Development. 22(7): 953-69.

DP2M Dikti. Panduan Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat. Jakarta: DIKTI; 2020.

Gitosaputro S. 2006. “Implementasi Participatory Rural Appraisal (PRA) dalam Pemberdayaan Masyarakat”. Komunitas; Jurnal pengembangan masyarakat Islam. 2(1).

LPPM UNG. Pedoman Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat. Gorontalo: LPPM; 2020.

Peraturan Perudang-Undangan. Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa; 2014.

Peraturan Menteri Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia. Permen Nomor 3 Tahun 2015 tentang Pendampingan Desa; 2015.

Rambe, J. Y., Badaruddin., dan Abdul Kadir. 2020. “Konsep Pendampingan dalam Struktur Pemerintahan Indonesia: Mengapa Pendamping Lokal Desa Harus Ada?”. Perspektif, 9 (2): 263-269.

Susanti, M. H. 2017. “Peran Pendamping Desa Dalam Mendorong Prakarsa Dan Partisipasi Masyarakat Menuju Desa Mandiri Di Desa Gonoharjo Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal”. Integralistik. No.1/Th. XXVIII/201: 29-39.




DOI: https://doi.org/10.37905/sibermas.v10i3.11029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

LPPM Universitas Negeri Gorontalo

Jln. Jenderal Sudirman No.6 Kota Gorontalo

Homepage : http://lppm.ung.ac.id

E-mail: lpm@ung.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Sibermas (Sinergi Bersama Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License