Konselor Sebaya sebagai Pelopor Pencegahan Penggunaan Narkoba dalam Mewujudkan Desa Ilangata Kabupaten Gorontalo Utara sebagai Desa Bersinar

Maryam Rahim, Meiske Puluhulawa

Abstract


Sasaran program pengabdian KKN Tematik Desa Bersinar ini adalah peningkatan kemampuan dan komitmen generasi muda dalam mencegah pengaruh penggunaan narkoba dalam rangka mewujudkan Desa Ilangata kabupaten Gorontalo Utara sebagai Desa Bersinar. Program ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kemampuan dan komitmen generasi muda dalam menghindari penyalahgunaan narkoba, (2) menyiapkan kelompok Konselor Sebaya sebagai pelopor pencegahan penggunaan narkoba di kalangan generasi muda, (3) memberikan kesempatan bagi mahasiswa peserta KKN Tematik Desa Bersinar dalam menemukan solusi terhadap masalah penyalahgunaan penggunaan narkoba. Target yang hendak dicapai melalui kegiatan ini adalah: (1) terlaksananya kegiatan pelatihan Konselor Sebaya untuk mencegah penggunaan narkoba di kalangan generasi muda, (2) terbentuknya kelompok-kelompok Konselor Sebaya yang berperan dalam mencegah penggunaan narkoba di kalangan generasi muda, (3) meningkatnya kemampuan dan komitmen generasi muda dalam menghindarkan diri dari penggunaan narkoba. Hasil kegiatan ini berupa: (1) meningkatnya kemampuan dan komitmen generasi muda dalam menghindari penyalahgunaan narkoba, (2) telah terbentuk kelompok Konselor Sebaya sebagai pelopor pencegahan penggunaan narkoba di kalangan generasi muda dalam rangka mewujudkan Desa Ilangata kabupaten Gorontalo Utara sebagai Desa Bersinar.

Keywords


konselor sebaya, narkoba, desa bersinar

Full Text:

PDF

References


Hawi, A. 2018. Remaja Pecandu Narkoba: Studi tentang Rehabilitasi Integratif di Panti Rehabilitasi Narkoba Pondok Pesantren Ar-Rahman Palembang. Jurnal Tadrib. Vol. IV, No.1. Hal: 104-106.

Hidayati, Nur Oktavia., Lukman, Mamat., Sriati, Aat., Widianti, Efri, dan Agustina, H.S. 2017. Pembentukan Konselor Teman Sebaya dalam Upaya Preventif Perilaku Kekerasan pada Remaja di SMP Negeri 1 Panngandaran. Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, Vol 6, No. 2, Juni 2017: 125-128.

Hurlock, E.B. 1984. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Kelima. Alih Bahasa: Istiwidayanti dan Soedjarwo. Jakarta. Penerbit Erlangga.

Rahim, Maryam., Kau, Murhima., Usman, Irvan., Pulhulawa, Meiske. 2021. Perkembangan Peserta Didik Usia PAUD-SD-SMP-SMA-PT. Editor Ahli: Prof. Dr. Wenny Hulkati, M.Pd. Gorontalo. Ideas Publishing.

Ridha, Andi Ahmad. 2019. Penerapan Konselor Sebaya dalam Mengoptimalkan Fungsi Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jurnal Psikologi, Volume 15 Nomor 1, Juni 2019.

Rahmadona, E dan Agustin, H. 2014. Faktor yang Berhubungan dengan Penyalahgunaan Narkoba di Rsj Prof. Hb. Sa’anin. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas. Vol. 8, No. 2. hal: 61.

Santrock, J.W. 2002. Perkembangan Masa Hidup. Jilid 1. Jakarta. Erlangga.

Trisna, Rischa Pramudia dan Wardani, Silva. 2018. Peran Konselor Sebaya untuk Mereduksi Kecanduan Game Online pada Anak. Dialektika Masyarakat Jurnal Sosiologi Vol.2 No. 2, P (71-80) November 2018. ISSN: 2615-7500.

https://www.cnnindonesia.com, diakses 6 Juli 2021

https://kemensos.go.id, diakses 6 Juli 2021

https://sulut.inews.id, diakses tanggal 6 Juli 2021

https://gorontalo.antaranews.com, diakses tanggal 6 Juli 2021




DOI: https://doi.org/10.37905/sibermas.v11i1.11936

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

LPPM Universitas Negeri Gorontalo

Jln. Jenderal Sudirman No.6 Kota Gorontalo

Homepage : http://lppm.ung.ac.id

E-mail: lpm@ung.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Sibermas (Sinergi Bersama Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License