Optimalisasi Peran Keluarga, Sekolah dan Masyarakat dalam Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba

Supartin Supartin, Septiana Kurniasari

Abstract


Peran yang optimal dari keluarga, sekolah dan masyarakat dapat berkontribusi positif dalam upaya mencegah penyalahgunaan narkoba. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan untuk mendeskripsikan peran dari berbagai pihak dalam menanggulangi terjadinya penyalahgunaan narkoba. Adapun subjek pengabdian kepada masyarakat ini adalah stakeholder yang terdiri dari pihak keluarga, sekolah dan masyarakat. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi dokumentasi. Hasil pengabdian kepada masyarakat mendeskripsikan peran yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam bentuk sosialisasi, diskusi kelompok dengan menghadirkan pihak BNN dan petugas kesehatan. Upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba yang paling sering dilakukan di keluarga, sekolah dan masyarakat adalah sosialisasi tentang narkoba. Hambatan yang terjadi dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba adalah kurangnya waktu untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi. Hambatan lain dalam melakukan sosialisasi tentang narkoba adalah sulitnya menyesuaikan waktu peserta sehingga banyak peserta yang tidak hadir.


Keywords


keluarga; sekolah; masyarakat; pencegahan; penyalahgunaan narkoba

Full Text:

PDF

References


Amanda, M. P., Humaedi, S., & Santoso, M. B. 2017. “Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Remaja.” Jurnal Penelitian & PPM 4(2): 339-345.

Bunsaman, S. M., & Krisnani, H. 2020. “Peran Orangtua dalam Pencegahan dan Penanganan Penyalahgunaan Narkoba pada Remaja.” Prosiding Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat 7(1): 221-228.

Dwitiyanti, Efendi, K., & Supandi. 2019. “Penyuluhan tentang Bahaya Penyalahgunaan Narkotik, Psikotropika dan Zat Aditif bagi Siswa Siswi SMA dan SMK Mutiara 17 Agustus.” Jurnal SEMAR 8(1): 40-43.

Eleanora, F. N. 2011. “Bahaya Penyalahgunaan Narkoba serta Usaha Pencegahan dan Penanggulangannya.” Jurnal Hukum 25(1): 439-452.

Hayati, F. 2019. “Penyuluhan tentang Bahaya Narkoba pada Remaja.” Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK) 1(3): 190-193.

Helviza, I., Mukmin, Z., & Amirullah. 2016. “Kendala-Kendala Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam Penanggulangan Penyalahgunaan Narkotika di Kota Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsyiah 1(1): 128-146.

Jumaidah & Rindu. 2017. “Perilaku Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba pada Remaja di Wilayah Kecamatan Sukmajaya, Depok.” Jurnal Ilmiah Kesehatan 16(3): 42-49.

Junaedi, Harakan, A., & Idris, E. I. P. 2019. “Kerjasama BNN dan Kepolisian dalam Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba di Kecamatan Rappocini Kota Makassar.” Jurnal MODERAT 5(1): 81-95.

Pradana, D. A., Amelia, D., Shavera, F., & Purnamasari, O. 2019. “Sosialisasi Jenis dan Bahaya Narkoba bagi Kesehatan pada Ikatan Pemuda Waru RW 05 Pamulang Barat, Tangerang Selatan.” Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1-9.

Prasetyo, T. F., Idrus, M., & Yuliani, M. S. S. 2018. “Sistem Pakar Pelayanan dan Penyalahgunaan Narkoba.” INFOTECH Journal 4(1): 16-19.

Rodhiah, Bahri, S., & Martunis. 2020. “Kerjasama Keluarga, Sekolah dan Masyarakat dalam Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba pada Remaja di Kota Lintang Kabupaten Aceh Tamiang.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling 5(3): 19-23.

Sholihah, Q. 2013. “Efektivitas Program P4GN terhadap Pencegahan Penyalahgunaan Napza.” Jurnal Kesehatan Masyarakat 9(1): 153-159.




DOI: https://doi.org/10.37905/sibermas.v11i1.11961

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

LPPM Universitas Negeri Gorontalo

Jln. Jenderal Sudirman No.6 Kota Gorontalo

Homepage : http://lppm.ung.ac.id

E-mail: lpm@ung.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Sibermas (Sinergi Bersama Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License