Model Pencapaian SDGs Desa Melalui Pemberdayaan Aparat Desa dan KKRPD Dalam Penggunaan Aplikasi SDGs Desa dan BumDes

Tajuddin Tile Abdillah, Roviana Dai

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai pada kegiatan KKN Tematik ini adalah (1) Pencapaian Tujuan Kemendes untuk SDGs Desa ; (2) Pendataan IDM kemudian menginput kedalam aplikasi SDGs Desa; (3) Melakukan pelatihan penggunaan aplikasi SDGs; (4) Meningkatkan peran serta aparat desa dan masyarakat dalam merencanakan pembangunan desa; (5) Meningkatkan peran serta masyarakat desa sebagai mitra pemerintah dalam pelaksanaan dan pengawasan pembanguna desa; (6) Melaksanakan pelatihan kewirausahaan kepada masyarakat desa sebagai upaya inisiasi mahasiswa dalam meningkatan kesejahteraan kehidupan masyarakat desa; (7 Meningkatkan peran BUMDes untuk menggerakan ekonomi masyarakat melalui pemanfaatan aplikasi BUMDes. Target khusus yang ingin dicapai adalah menjadikan Desa Deme II sebagai sebuah Desa : (1) kemandirian desa dan pengurangan kemiskinan; (2) pembentukan KKRPD dan RPD; (3) Pelatihan aplikasi. Untuk mencapai tujuan dan target khusus ini metode yang digunakan adalah dengan transfer IPTEK dan pengelolaan data SDGs dan BUMDes berbasis IT melalui pelaksanaan pelatihan dan sosialisasi kemasyarakat serta penyediaan dokumen desa.


Keywords


Model Pencapaian, SDGs Desa, BUMDes

Full Text:

PDF

References


Kemendes, (2021). https://sdgsdesa.kemendesa.go.id/pemutakhiran-data-sdgs-desa/

Kestin, T., Belt, M. van den, Denby, L., Ross, K., Thwaites, J., & Hawkes, M. (2017). Getting Started with The SDGs in Universities A Guide For Universities, Higher Education Institutions, and The Academic Sector.

Lisbet. (2013). Pencapaian Millenium Development Goals (MDGs) di Indonesia Melalui Kerjasama Internasional. Politica, 4(1), 33–48. https://doi.org/10.1080/13629395.2014.1001631

Panuluh, S., & Fitri, M. R. (2016). Briefing Paper 02 Perkembangan Pelaksanaan Sustainable Development Goals ( SDGs ) di Indonesia (Issue September).

Sanapiah, A.A dan Nugroho S, (2019), jurnal, Journal Of Public policy and applied Administration, Stia LAN Jakarta

Suratiyah, 2015. Ilmu UsahaTani. Jakarta : Penebar Swadaya, Tiku, G, V. 2008. Analisis Pendapatan Usaha Tani Menurut Sistem Mina Padi.

Wahyuningsih, D. (2016). Upaya Pencapaian Target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Indonesia. In Disampaikan pada Kegiatan Jaring Masukan Kontribusi WIPO untuk Pencapaian SDGs.




DOI: https://doi.org/10.37905/sibermas.v11i1.12063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

LPPM Universitas Negeri Gorontalo

Jln. Jenderal Sudirman No.6 Kota Gorontalo

Homepage : http://lppm.ung.ac.id

E-mail: lpm@ung.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Sibermas (Sinergi Bersama Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License