Pendampingan Masyarakat Desa Melalui Sosialisasi Vaksin Covid-19 dan Bank Sampah

Sitti Suhada, Ahmad Azhar Kadim

Abstract


Sosilaisasi merupakan salah satu upaya untuk mengakomodir dan memberikan informasi terkait dengan maksud dan tujuan kita, sosilaisasi di lakukan sebagai bentuk upaya memberikan informasi kepada khalayak, dalam pemberian sosialsi melibatkan edukasi. Pemahaman yang baik akan tercipta sebuah mindset yang baik pula. Salah satu upaya yang harus dilakukan untuk sosilasi dan edukasi adalah pemberian vaksin dan bank sampah. Upaya pemberian vaksin dengan cara sosialisasi dan edukasi dapt meningkatkan pemahaman masyarakat tentang kepercayaan terhadap vaksin yang diberikan, yakni bebas dan aman diberikan bagi masyarakat. Untuk bank sampah sendiri diupayakan agar masyarakat dapat meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan yang bersih dan sehat dimulai dari perilaku membuang sampah pada tempatnya, serta dapat membantu masyarakat melalui peningkatan income perkapita akibat sentuhan pada sektor usaha/ekonomi melalui keterampilan masyarakat dalam pengolahan sampah menjadi produk daur ulang yang memiliki nilai jual.

Keywords


sosialisasi; vaksin; bank sampah

Full Text:

PDF

References


Anih Sri Suryani.PERAN BANK SAMPAH DALAM EFEKTIVITAS PENGELOLAAN SAMPAH (STUDI KASUS BANK SAMPAH MALANG). Jakarta 2014

Ghaemi, N. (2020, March 24). The Psychology of Pandemic Denial: Why do some people reject the science of public health?[Blog post]. Retrieved from https://www.psychologytoday.com/us/blog/mood-swings/202003/thepsychologypandemic-denial

Gunawan, Gugun,2007. Mengelola Sampah Jadi Uang. Trans Media. Jakarta Selatan

Sari, N. N., dkk. (2020). Protokol Kesehatan Covid-19 : Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19 di Area Kerja pada Karyawan Perkantoran di Bandar Lampung. Jurnal Peduli Masyarakat.

Taylor, S. (2019). The Psychology of Pandemics: Preparing for the Next Global Outbreak of Infectious Disease. England: Cambridge Scholar Publishing.




DOI: https://doi.org/10.37905/sibermas.v11i1.12083

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

LPPM Universitas Negeri Gorontalo

Jln. Jenderal Sudirman No.6 Kota Gorontalo

Homepage : http://lppm.ung.ac.id

E-mail: lpm@ung.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Sibermas (Sinergi Bersama Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License