Optimalisasi Pembangunan Desa dalam Mewujudkan SDGs Desa

Lintje Boekoesoe, Tri Septian Maksum

Abstract


SDGs Desa merupakan role pembangunan berkelanjutan yang masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021. Kegiatan KKN Tematik Desa Membangun Periode II dilaksanakan di Kelurahan Pagimana Kecamatan Pagimana Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah yang merupakan wilayah Teluk Tomini. Tujuan kegiatan untuk mengoptimalisasi pembangunan desa dalam mewujudkan desa peduli lingkungan laut (SDGs Nomor 14) serta desa sehat dan sejahtera (SDGs Nomor 3). Target yang hendak dicapai adalah mengoptimalkan kinerja pemerintah kelurahan dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa. Metode yang digunakan yakni sosialisasi dan pendampingan berbasis Participatory Rural Appraisal (PRA). Hasil pelaksanaan kegiatan ini adalah meningkatnya pemahaman dan kesadaran masyarakat dalam upaya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Keywords


SDGs Desa; Desa Membangun; PHBS

Full Text:

PDF

References


Bappenas. 2017. Metadata indikator tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia pilar pembangunan lingkungan Hidup. Jakarta: Kementerian PPN.

Chandra G. 2014. Participatory rural appraisal. Issues and tools for social science research in inland fisheries. Central Inland Fisheries Research Institute. Buletin, 163: 286-302.

Gitosaputro S. 2006. Implementasi participatory rural appraisal (PRA) dalam pemberdayaan masyarakat. Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 2(1).

Peraturan Perundang-Undangan. 2014. Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Pramudji. 2018. Sumber daya laut perairan teluk tomini. Jakarta: LIPI Press.

Pramudyanto B. 2014. Pengendalian pencemaran dan kerusakan di wilayah pesisir. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4): 21-40.




DOI: https://doi.org/10.37905/sibermas.v11i1.12103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

LPPM Universitas Negeri Gorontalo

Jln. Jenderal Sudirman No.6 Kota Gorontalo

Homepage : http://lppm.ung.ac.id

E-mail: lpm@ung.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Sibermas (Sinergi Bersama Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License