Pembudidayaan Ekosistem Mangrove sebagai Kawasan Ekowisata dan Pencegahan Abrasi Pantai

Tri Septian Maksum, Lintje Boekoesoe

Abstract


Ekosistem mangrove menjadi habitat yang sangat vital bagi organisme laut dan sebagai pencegah dari abrasi pantai. Desa Sama Jatem Kecamatan Pagimana Kabupaten Banggai merupakan salah satu daerah dengan potensi hutan mangrove dan rentan terhadap abrasi. Tujuan kegiatan KKN Tematik Desa Membangun Periode II yaitu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya ekosistem mangrove dalam rangka mewujudkan SDGs Desa Nomor 14 (desa peduli lingkungan laut) dan memanfaatkan potensi tersebut sebagai kawasan ekowisata. Target yang hendak dicapai adalah mengoptimalkan kinerja pemerintah desa dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam membangun desa. Metode yang digunakan berupa penyuluhan dan pendampingan teknis penanaman bibit mangrove. Hasil kegiatan ini yakni meningkatnya kesadaran masyarakat tentang fungsi dan peran mangrove dalam kaitannya dengan lingkungan, upaya pelestarian, dan konservasinya apabila mengalami kerusakan.

Keywords


SDGs Desa; Mangrove; Ekowisata; Abrasi

Full Text:

PDF

References


Heriyanto NM., & Subiandono E. 2012. Komposisi dan struktur tegakan, biomasa, dan potensi kandungan karbon hutan mangrove di Taman Nasional Alas Purwo. Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam, 9(1): 23-32.

Ledheng L, & Yustiningsih M. 2018. Penanaman mangrove di Perairan Pantai Tanjung Bastian. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bakti Cendana, 1(1): 25-31.

Mulyadi E, & Fitriani N. 2010. Konservasi hutan mangrove sebagai ekowisata. Jurnal Ilmiah Teknik Lingkungan, 2(1): 11-18.

Ratna dkk. 2021. Strategi komunikasi pariwisata pada masyarakat dan pembudidayaan ekosistem Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar. Prapanca Jurnal Abdimas, 1(1): 22-28.

Supriharyono. 2009. Konservasi ekosistem sumberdaya hayati dan wilayah pesisir dan laut tropis (cetakan pertama, edisi kedua). Yogyakarta, ID: Pustaka Pelajar.

Syah AF. 2020. Penanaman mangrove sebagai upaya pencegahan abrasi di Desa Socah Kabupaten Bangkalan. Jurnal Ilmiah Pengabdhi, 6(1): 13-16.




DOI: https://doi.org/10.37905/sibermas.v11i1.12104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

LPPM Universitas Negeri Gorontalo

Jln. Jenderal Sudirman No.6 Kota Gorontalo

Homepage : http://lppm.ung.ac.id

E-mail: lpm@ung.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Sibermas (Sinergi Bersama Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License