Sosialisasi Literasi Digital Sebagai Layanan Informasi untuk Peningkatan Pemahaman Masyarakat Tentang Biota Laut dan Peningkatan Perekonomian Masyarakat Melalui Pelatihan Pembuatan Bakso Ikan bagi Ibu-Ibu PKK Desa Lopo di Daerah Pesisir Teluk Tomini Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo

Tuti Wantu, Idriani Idris, Nurul Maulida Alwi

Abstract


Sasaran program pengabdian KKN Tematik Desa Membangun ini adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang biota laut di daerah pesisir teluk tomini dan pembuatan bakso ikan di Desa Lopo, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo. Program ini bertujuan untuk: (1) Memperkenalkan jenis biota laut kepada masyarakat melalui layanan informasi dalam bentuk literasi digital (2) Meningkatkan kreativitas masyarakat dalam mengelola hasil laut menjadi bakso ikan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat (3) Memberikan kesempatan bagi mahasiswa peserta KKN tematik desa membangun dalam menemukan solusi dari permasalahan masyarakat.Target yang hendak dicapai melalui kegiatan ini adalah: (1) Mewujudkan mahasiswa yang responsif dan kreatif dalam mengeksplorasi potensi lokal yang bersumber dari lingkungan sekitar, khususnya terkait dengan mengambangkan pengetahuan masyarakat tentang biota laut di Kawasan Teluk Tomini., (2) Membantu masyarakat pesisir dalam memberikan pengetahuan tentang biota laut melalui layanan informasi dalam bentuk literasi digital sehingga membantu meningkatkan pemahaman masyarakat terkait biota laut dan berbagai manfaatnya, dan membantu meningkatkan kreativitas masyarakat dalam pembuatan bakso ikan, serta (3) Terbentuknya kegiatan layanan informasi literasi digital dilakukan secara klasikal kepada masyarakat dalam memberikan pemahaman tentang biota laut. b) buku catatan harian kegiatan, (c) buku catatan keuangan, (d) laporan kegiatan mahasiswa. Metode pelaksanaan kegiatan untuk mencapai tujuan tersebut: (1) Persiapan dan pembekalan; (a) Mekanisme pelaksanaan kegiatan KKN Tematik Desa Membangun, (b) Pemberian Materi Pembekalan KKN Tematik Desa Membangun (2) Rencana aksi program; (a) Kegiatan-kegiatan mahasiswa yang berkaitan dengan pendampingan perencanaan pembangunan desa. (b) Kegiatan-kegiatan mahasiswa yang berhubungan dengan pendampingan pelaksanaan, evaluasi pembangunan (c) Kegiatan-kegiatan mahasiswa yang berkaitan dengan upaya inisiasi meningkatkan kehidupan perekonomian masyarakat desa. (d) Kegiatan-kegiatan mahasiswa yang berkaitan dengan dokumentasi program.


Keywords


Literasi Digital; Layanan Informasi; Biota Laut; Pelatihan; Bakso Ikan; Masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Gerakan literasi digital. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Harahap, i. M., siahaan, d., & berutu, e. P. (2020). PKM Pembuatan Bakso Ikan Sebagai Alternatif Usaha Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Desa Matapao Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara. Berkat: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 8-12.

Kamil, M. 2012. Model Pendidikan dan Pelatihan. Bandung:Alfabeta.

Kominfo. (2027). Teknologi Masyarakat Indonesia Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos. (Online). Https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi- masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media. Di akses, 19 maret 2021.

Maman (2020). Teluk tomini Potensi Kekayaan yang Memiskinkan. (Online). Https://hulondalo.id/teluk-tomini-potensi-kekayaan-yang-memiskinkan/, di akses 19 maret 2021.

Oecd. (2019). Pisa 2018 Results. Oecd Publishing.

Soetignya, W. P., Laksana, W., & Munir, A. M. S. (2018). Peningkatan Pendapatan Masyarakat Desa Beginjan, Kabupaten Sanggau Melalui Pengolahan Produk Ikan Asli Kalimantan. Jurnal PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(03), 296-307.

Yuptriani, S. P., Rizal, M., Prasetyo, A., Fahlifi, R., Situmorang, J., Rahmadini, D., & Rahayuningsih, S. E. A. (2020). Pengelolaan Sumberdaya Perikanan Rawa Gambut untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Tanjung Taruna Kabupaten Pulang Pisau. In Unri Conference Series: Community Engagement. 2. 372-378.




DOI: https://doi.org/10.37905/sibermas.v11i2.12110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

LPPM Universitas Negeri Gorontalo

Jln. Jenderal Sudirman No.6 Kota Gorontalo

Homepage : http://lppm.ung.ac.id

E-mail: lpm@ung.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Sibermas (Sinergi Bersama Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License