Penguatan Potensi Kelembagaan Desa Menuju Percepatan Pencapaian Pembangunan Desa Berkelanjutan

Fenti Prihatini Tui, Rosman Ilato

Abstract


BUMDes merupakan lembaga yang dibentuk atas dasar prakarsa masyarakat, yang diharapkan dapat mengakomodir kebutuhan dan potensi desa yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Ini sejalan dengan tujuan (Sustainable Development Goals) SDGs yang telah dicanangkan sebagai upaya untuk mengurangi kemiskinan dan upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Fenomena di Desa Huidu Melito menunjukan bahwa potensi yang dimiliki desa yang diharapkan dapat dikelola melalui BUMDes tidak optimal. Keberadaan BUMdes belum dapat memberikan manfaat untuk kesejahteraan masyarakat. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kemampuan mengelola keuangan desa dengan tepat,  kurangnya kemampuan untuk membuat dan menentukan jenis usaha yang akan dikelola atau ketidakmampuan memanfaatkan potensi yang dimiliki, baik berupa sumber daya alam dan sumber daya manusia (SDM) yang belum memadai dari segi kualitas dan kuantitas.

Metode yang digunakan dalam Penguatan Potensi Kelembagaan desa yang digagas oleh Mahasiswa KKN Tematik Desa Membangun Universitas Negeri Gorontalo tahun 2021 adalah dengan metode: (1)  sosialiasi dan (2) Pendampingan Pengelolaan Keuangan BUMDes. Kegiatan ini bertujuan untuk (1) Meningkatkan peran serta aparat pemerintah dan masyarakat desa dalam merencanakan kegiatan ekonomi desa, (2) Meningkatkan potensi pengembangan kerjasama desa, (3) Meningkatkan potensi pengembangan BUMDES. Ada pun yang menjadi target sasaran kegiatan ini adalah seluruh Pengurus Bumdes serta aparatur desa.

Hasil kegiatan Pengabdian menunjukan bahwa kegiatan sosialisasi dan pendampingan pengelolaan BUMDes yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN Desa Tematik Universitas Negeri Gorontalo tahun 2021 yang melibatkan pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo Utara terlaksana dengan baik. Melalui Kegiatan Sosialisasi dan Pendampingan yang dilaksanakan, mampu meningkatkan pemahaman, kemampuan dan keterampilan aparat desa dan BUMDes dalam Pengelolaan BUMDes di desa Huidu Melito Kecamatan Tomilito Kabupaten Gorontalo Utara.

 


Keywords


Penguatan Potensi, Kelembagaan Desa, BUMDES

Full Text:

PDF

References


Soleh, A. (2017). Strategi pengembangan potensi desa. Jurnal Sungkai, 5(1), 32-52

Chikmawati, Z. (2019). Peran BUMDes dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi pedesaan melalui penguatan sumber daya manusia. Jurnal Istiqro, 5(1), 101-113.

Dian Ari Nugroho (2017). Pengantar Manajemen untuk Organisasi Bisnis, Publik dan Nirlaba. Universitas Brawijaya Press, 1 Nov 2017

LPPM UNG. (2021). Kerangka Acuan Kegiatan (Term Of Reference) Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Desa Bersinar (Desa Bersih Narkoba) Tahun Anggaran 202I. Gorontalo: LPPM UNG.

Mahmudah, S. (2018). Akuntabilitas laporan keuangan badan usaha milik desa

(studi kasus: BUMDES Desa Sungon Legowo Bungah Gresik, Ecopreneur.

Robbins, Stephen P. 2001. Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi, Aplikasi, Jilid. 1, Edisi 8, Prenhallindo, Jakarta

Soetomo, (2014). Keswadayaan Masyarakat Manifestasi Kapasitas Masyarakat Untuk Berkembang Secara Mandiri, Yogjakarta. Pustaka Pelajar.

Sri Nugroho Hananto, (2018). Menimbang Pentingnya Penguatan Kelembagaan

Pemerintahan Desa, Journal of Governance, Volume 3 (1: 35-49

Tui, F. P., Tohopi, R., Igirisa, I., Igirisa, M., & Jantu, F. R. (2021). Pengembangan UKM dan Penguatan Kelembagaan BUMDes Di Desa Kikia Kecamatan Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara. Jurnal Sibermas (Sinergi Pemberdayaan Masyarakat), 10(1), 93-108.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa

https://sdgs.bappenas.go.id/wpcontent/uploads/2017/09/Buku_Ringkasan_Metadata_Indikator_TPB.pdf




DOI: https://doi.org/10.37905/sibermas.v11i2.12134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

LPPM Universitas Negeri Gorontalo

Jln. Jenderal Sudirman No.6 Kota Gorontalo

Homepage : http://lppm.ung.ac.id

E-mail: lpm@ung.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Sibermas (Sinergi Bersama Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License