Penguatan Kelembagaan Desa Melalui Program P4GN Dalam Mewujudkan Desa Bersinar Di Desa Leboto Kabupaten Gorontalo Utara

Yanti Aneta, Andi Yusniar Mendo

Abstract


Tindakan sebelumnya menjadi dasar utama dalam memerangi penyebaran penyalahgunaan narkoba oleh para oknum dilingkungan masyarakat utamanya masyarakat di pedesaan yaitu dengan menerapkan program-program yang dilakukan oleh mahasiswa dan juga dosen guna pendampingan kepada masyarakat desa untuk bisa bekerjasama dan cepat tanggap dalam memerangi penyebaran penyalahgunaan narkoba. Kita ketahui bersama bahwa berbagai macam tindakan yang sudah dilakukan oleh pemerintah dalam hal ini BNN belum sepenuhnya memperoleh kepercayaan dari masyarakat dalam penanggulangan penyebaran Narkoba, sehingga menjadikan citra BNN menurun di Masyarakat. upaya untuk mengembalikan kepercayaan tersebut maka pendekatan yang dilakukan yakni melibatkan mahasiswa dalam memberikan pendampingan juga motivasi kepada masyarakat desa agar bisa bersinergi bersama BNN dan Pemerintah Daerah dalam memberantas penyalahgunaan narkoba di desanya.

Berikut yang menjadi metode dalam pelaksanaan penelitian ini dimana beberapa kegiatan yang akan dilakukan yaitu a). Kegiatan kemahasiswaan yang berhubungan dengan pendampingan kelembagaan; b). Kegiatan-kegiatan mahasiswa yang berkaitan dengan pendampingan dalam Sosialisasi dan Penyuluhan Pencegahan narkoba juga Pemberantasan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN); c). Kegiatan-kegiatan mahasiswa yang berkaitan dengan pendokumentasian pengetahuan; d). Kegiatan-kegiatan mahasiswa yang terkait dengan membangun ketangguhan dan daya tanggap desa dalam pemberantasan penyebaran narkoba. Hasil penelitian di lapangan dimana mahasiswa KKN Tematik sudah melaksanakan Workshop Desa Bersinar, melaksanakan Sosialisasi di setiap Dusun dan Sekolah yang ada di Desa Leboto, melaksanakan Bimtek dan evaluasi di Desa Leboto, dan Melaksanakan Tes Urine kepada apparat desa leboto.


Keywords


Narkoba, Masyarakat, dan Desa Bersinar

Full Text:

PDF

References


Alfiati, N., & Tanjung, S. (2019). Implementasi Manajemen Kampanye Anti Narkoba BNNP Riau dalam Diseminasi P4GN. 8(1).

Artika Vierza, B., Hafiar, H., & Syuderajat, F. (2017). Sosialisasi Program Pencegahan, Pemberantas, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika Bagi Pelajar Di Kota Bandung. 16(3), 348–361.

Bagas, D., & Tri, B. (2021). Penyalahgunaan Narkotika Dan Cara Penanganan Secara Preemtif Dan Preventif Yang Dilakukan Badan Narkotika Nasional Diwilayah Bnn Provinsi Jawa Tengah Narcotics Abuse And Preemtif And Prenvetif Handling By The National Narcotics Agency In The Bnn Region Central Java Province. 121–132.

Debir, R., Rizkianti, A., & Diah, A. A. D. (2021). Penyuluhan Dampak Negatif Penyalahgunaan Narkoba Di Masyarakat. 1(1), 9–15.

Defi, A., & Karyono. (2018). Peran Badan Narkotika Nasional Kabupaten Blitar Dalam Mewujudkan Masyarakat Kabupaten Blitar Bebas Narkoba. 7, 13–19.

Hasibuan, A., Studi, P., Komunikasi, I., & Medan, K. (2021). Pola Komunikasi Badan Narkotika Nasional Dalam Mencegah Penyebaran Narkoba Di Kota Meda. 570–576.

Kadek Andi, K., I Made, S., & I Wayan, A. (2020). Pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran narkotika melalui pararem desa adat pancasari. 1(1), 13–18. https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/juinhum/article/view/2178/1576

Novita, I., Noor, M., & Zulfiani, D. (2018). Pencegahan Dan Penanggulangan Narkoba Oleh Badan Narkotika nASIONAL Kota Samarinda. 6, 8170–8184.

Roennfeld, S., & Bernadette, S. (2021). Evaluasi Komunikasi: Studi Kasus Pelaksanaan Program Pemberdayaan Masyarakat Penggiat Anti Narkoba Oleh BNN Jakart Timur. 6(2), 127–149.

Sari, D. M., Promosi, D., Perilaku, I., Masyarakat, F. K., & Airlangga, U. (2017). Peran Kader Anti Penyalahgunaan Narkoba Berbasis Pelajar Oleh Badan Narkotika Nasional Surabaya The Role Of Drugs Abused Student-Based Cadre By Bnn Surabaya. 128–140.

Senjaya, O., Iman, C. H., & Marlina, R. (2021). Sosialisasi Peran Badan Narkotika Nasional Kabupaten Karawang Serta Masyarakat Dalam Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika di Masa Pandemi Covid-19. 5(3), 741–747.

Soetijono, I. K., & Mulyanto, R. (2020). Diklat Relawan Anti Narkoba sebagai Partisipasi dalam Pemberantasan Penyalahgunaan Narkoba. 2(1), 11–17.

Ula, M., Zuhri, A., & Farmawati, C. (2020). Penyuluhan Anti Narkoba Berbasis Spiritual Islam. 5(2), 105–114.

Vivi, A. S., Jamri, KMS, N. S. F., & Ali, A. (2021). Pemberdayaan KKN Tematik Dalam Meningkatkan Sikap Pemahaman Remaja Terhadap Penyalahgunaan Narkotika Dan Psikotropika. 01(02), 205–212.




DOI: https://doi.org/10.37905/sibermas.v11i2.12135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

LPPM Universitas Negeri Gorontalo

Jln. Jenderal Sudirman No.6 Kota Gorontalo

Homepage : http://lppm.ung.ac.id

E-mail: lpm@ung.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Sibermas (Sinergi Bersama Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License