Upaya-upaya Pendampingan untuk Memperkuat Kelembagaan Masyarakat (Institutional Development) dalam Proses Pembangunan Berkelanjutan

Romy Tantu, Sri Yulianty Mozin

Abstract


Pembangunan desa merupakan suatu proses yang mencakup serangkaian kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pembangunan desa. Masyarakat diamanatkan untuk berperan serta secara aktif. Oleh karenanya, penyelenggaraan KKN Tematik Desa Membangun UNG Tahun 2021 bertujuan untuk mencapai keberhasilan pada tingkat masyarakat dan tingkat pemerintah desa. Pelaksanaan KKN Tematik Desa Membangun UNG Tahun 2021 dalam pelaksanaannya terbagi atas dua tahap. Periode I (pertama), perencanaan pembangunan desa baik RPJM Desa dan RKP Desa dicermati dan diarusutamakan dengan Program Kerja KKN. Pada Periode II (kedua), melanjutkan Program Kerja Periode I dan memperkuat perencanaan dan pelaksanaan kegiatan ekonomi desa.

Metode yang digunakan difokuskan pada 1) Kegiatan-kegiatan mahasiswa yang berkaitan dengan pendampingan perencanaan pembangunan desa; 2) Kegiatan-kegiatan mahasiswa yang berhubungan dengan pendampingan pelaksanaan pembangunan; 3) Kegiatan-kegiatan mahasiswa yang terkait dengan membangun ekonomi desa; 4) Kegiatan-kegiatan mahasiswa yang berkaitan dengan pendokumentasian pengetahuan.

Hasil pengabdian menunjukkan kegiatan-kegiatan pendampingan dalam Program Kerja KKN Tematik Desa Membangun Periode II UNG Tahun 2021 telah mampu memperkuat Kelembagaan Masyarakat (Institutional Development) dalam proses pembangunan berkelanjutan di Desa Bohusami dan Desa Ketapang Kecamatan Gentuma Raya Kabupaten Gorontalo Utara. Terjadi peningkatan peran serta aparat pemerintah desa dan masyarakat desa dalam merencanakan pembangunan desa. Selain itu, berbagai kegiatan pendampingan telah meningkatkan peran serta masyarakat desa sebagai mitra pemerintah dalam melaksanakan dan mengevaluasi pembangunan. Upaya-upaya inisiasi mahasiswa dalam kegiatan-kegiatan pendampingan telah meningkatkan kesejahteraan kehidupan masyarakat desa, dan menjadi salah satu sarana hilirisasi pengetahuan. Melalui Program Kerja KKN Tematik Desa Membangun Periode II UNG Tahun 2021 di Desa Bohusami dan Desa Ketapang Kecamatan Gentuma Raya Kabupaten Gorontalo Utara, dapat mendukung peningkatan prinsip partisipasi dalam pembangunan desa, serta luasnya ruang-ruang bagi mahasiswa untuk belajar bersama masyarakat tentang pembangunan desa. Dengan demikian diarahkan untuk memberdayakan masyarakat dalam mewujudkan pembangunan desa berkelanjutan.

Keywords


Pendampingan; Kelembagaan Masyarakat; Pembangunan Berkelanjutan

Full Text:

PDF

References


Ihsaniyati, H. (2020). Institutional Building Dalam Pembangunan Pertanian. Agritexts: Journal of Agricultural Extension, 23(1), 58-64.

Madjakusumah, D. G., Saripudin, U., & Suryani, S. (2020). Rekayasa dan Penguatan Lembaga Menghadapi Persaingan Global Berbasis Wirausaha dan Etika Islam. El-Barka: Journal of Islamic Economics and Business, 3(1), 1-26.

Marantika, A. K., Martini, N. N. D., Julyasih, K. S. M., & Wijana, N. (2020). Pendampingan Penyusunan Strategi Pengembangan Desa Wanagiri Sebagai Desa Wisata. Proceeding Senadimas Undiksha, 431.

Purbantara, A. & Mujianto. (2019). Modul Kkn Tematik Desa Membangun Pemberdayaan Masyarakat Desa. Republik Indonesia: Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Sudarmanto, E., Revida, E., Zaman, N., Simarmata, M. M., Purba, S., Syafrizal, S., ... & Susilawaty, A. (2020). Konsep Dasar Pengabdian Kepada Masyarakat: Pembangunan dan Pemberdayaan. Yayasan Kita Menulis.

Suharto, R. (2020). Model Optimalisasi Pelaksanaan Program Percepatan Pembangunan Desa/Kelurahan (P2DK) Di Kabupaten Sarolangun. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 1(4), 295-305.

Suleman, A. R., Revida, E., Soetijono, I. K., Siregar, R. T., Syofyan, S., Hasibuan, A. F. H., ... & Syafii, A. (2020). BUMDES Menuju Optimalisasi Ekonomi Desa. Yayasan Kita Menulis.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa

Windari, W. (2021). Model Pemberdayaan Masyarakat Dalam Upaya Pembangunan Ekonomi Lokal Berbasis Produksi Di Pedesaan. AGRIEKSTENSIA: Jurnal Penelitian Terapan Bidang Pertanian, 20(1), 90-106.




DOI: https://doi.org/10.37905/sibermas.v11i2.12146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

LPPM Universitas Negeri Gorontalo

Jln. Jenderal Sudirman No.6 Kota Gorontalo

Homepage : http://lppm.ung.ac.id

E-mail: lpm@ung.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Sibermas (Sinergi Bersama Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License