RUMAH ANTIK (Rumah Anti Narkoba) : Strategi Pencegahan dan Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Remaja Desa Ombulodata Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara dalam Mewujudkan Desa BERSINAR

Agus Hakri Bokingo, Robiyati Podungge

Abstract


Kegiatan ini bertujuan:  1). Memberikan edukasi serta melakukan inovasi yaitu berupa “rumah antik” (rumah anti narkoba) dalam penanganan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba dan obat-obat terlarang di lingkungan masyarakat khusunya remaja di desa Ombulodata kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. 2). Membentuk kelembagaan berupa organisasi desa bersinar yang akan bertugas menjadi mitra pemerintah dan BNN dalam mengawasi masyarakat terhadap praktik penyalahgunaan narkoba dan obat-obatan terlarang.  Kegiatan dilaksanakan selama 45 hari dengan melibatkan masyarakat di Desa Botuwombato Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo. Output dari kegiatan ini adalah  terbentuknya Rumah Antik.(Rumah Anti Narkoba) dan terbentukya kelembagaan berupa organisasi desa Ombulodata yang memiliki tugas menjadi mitra dengan pemerintah daerah dan BNN dalam mengawasi masyarakat terhadap praktik penyalahgunaan narkoba dan obat-obatan terlarang.


Keywords


Strategi Pencegahan Narkoba, Desa Bersinar

Full Text:

PDF

References


Badan Narkotika Nasional dan Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Kebudayaan LIPI, 2018. Penyalahgunaan Narkoba dan Strategi Penanggulangannya dalam Perspektif Pengguna.

BNNP, Penggunaan Narkotika di Kalangan Remaja Meningkat, https://bnn.go.id/penggunaan narkotika-kalangan-remaja-meningkat/, 2017, (diakses pada 13 Juli 2021)

Pusat Penelitian Kesehatan Universitas Indonesia, 2017. Survei Nasional Penyalahgunaan Narkoba di 34 Provinsi Tahun 2017. Bagian I. Kerugian Sosial dan Ekonomi Akibat Narkoba.

Sari, Novita. 2019. “Tinjauan Yuridis Terhadap Upaya Pelajar/Mahasiswa dalam Memperoleh Narkoba (Studi pada Survei Penyalahgunaan Narkoba di Kelompok Pelajar dan Mahasiswa Tahun 2016)”. Dalam Jurnal Penelitian Hukum DE JURE 19(1): 121-136.

UNODC, 2016. World Drug Report 2016. United Nations Publication

UNODC, 2018. World Drug Report 2018. United Nations Publication




DOI: https://doi.org/10.37905/sibermas.v11i2.12209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

LPPM Universitas Negeri Gorontalo

Jln. Jenderal Sudirman No.6 Kota Gorontalo

Homepage : http://lppm.ung.ac.id

E-mail: lpm@ung.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Sibermas (Sinergi Bersama Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License