Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Potensi Lokal Desa Untuk Mendukung Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs)

Muhammad Rifai Katili, Sri Nila Lahay, Lanto Ningrayati Amali

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya peningkatan partisipasi masyarakat melalui kegiatan mahasiswa pada KKN Tematik Desa Membangun. Sasaran kegiatan adalah masyarakat dapat memahami potensi lokal di lingkungan desa dan dapat berpartisipasi aktif dalam pemanfaatannya. Untuk mencapai tujuan kegiatan tersebut, dilakukan kegiatan pendampingan dan pelatihan kepada masyarakat. Target khusus yang ingin dicapai adalah: (1) meningkat kesadaran masyarakat akan potensi lokal desa melalui kegiatan pendampingan dan pelatihan pengelolaan sumber daya lingkungan yang berkelanjutan, dan (2) mendorong tumbuhnya kreativitas, motivasi, dan inovasi masyarakat desa dalam pembangunan desa berbasis SDGs. Kegiatan yang telah dilaksanakan, yaitu: pengkajian potensi desa, update data penduduk, pendampingan vaksinasi Covid-19, pembuatan batas dusun, pagar mini, dan tempat sampah, serta perbaikan pagar lapangan, pembuatan hidroponik, dan pelatihan administrasi pemasaran produk lokal pada UMKM.


Keywords


pemberdayaan masyarakat; potensi lokal; SDGs

Full Text:

PDF

References


Almasri dan Deswimar, D. “Peran Program Pemberdayaan Masyarakat Desa Dalam Pembangunan Pedesaan”. Jurnal El-Riyasah (JEL), 5(1): 41-52, 2014.

Chambers, R. Pembangunan Desa Mulai dari Belakang.Yogyakarta: LP3ES (Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial).1995.

Chandra, Ganesh. “Participatory Rural Appraisal”. Issues and Tools for Social Science Research in Inland Fisheries. Central Inland Fisheries Research Institute. Bulletin 163: 286-302, 2014.

Desiati, R. “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Program Desa Wisata”. Diklus, 13(1), 253-262, 2013.

Gitosaputro S. “Implementasi Participatory Rural Appraisal (PRA) dalam Pemberdayaan Masyarakat”. Komunitas; Jurnal pengembangan masyarakat Islam. 2(1), 2006.

Ibori, A. “Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Pembangunan Di Desa Tembuni Distrik Tembuni Kabupaten Teluk Bintun”, Governance, 90-100, 2013. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/governance/article/viewFile/1473/1173

Korten, D.C. dan Syahrir (ed). 1988, Pembangunan Berdimensi Kerakyatan. Jakarta; Yayasan Obor Indonesia.

Melis, Muthalib, A.Z., dan Apoda. 2016. Analisis Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Desa (Studi Di Desa Wawolesea Kecamatan Lasolo Kabupaten Konawe Utara). Jurnal Ekonomi (JE), 1(1), 99-105.

Purnamawati, I.G.A., Sudiatmaka, I.K., dan Agustini, D.A.E. “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Optimalisasi Potensi Desa dalam Mewujudkan Kesejahteraan Berkelanjutan”. Proceeding Senadimas, 54-59, 2020.

Sahyana, Y. “Peran Pemerintah Dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa (Studi Pada Desa Sukamulya Kecamatan Pakenjeng Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat)”. Transformasi: Jurnal Manajemen Pemerintahan, 9(2), 157 – 164, 2017.

Stewart, J. G., McNulty, R., Griffin, M. T. Q., dan Fitzpatrick, J. J. “Psychological Empowerment and Structural Empowerment Among Nurse Practitioners”. Journal of the American Academy of Nurse Practitioners, 22(1), 27–34, 2010.




DOI: https://doi.org/10.37905/sibermas.v11i2.12214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

LPPM Universitas Negeri Gorontalo

Jln. Jenderal Sudirman No.6 Kota Gorontalo

Homepage : http://lppm.ung.ac.id

E-mail: lpm@ung.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Sibermas (Sinergi Bersama Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License