Gerakan Peduli Stunting Masyarakat Lahumbo Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo

Wiwin Rewini Kunusa, Hendri Iyabu, Julhim S Tangio

Abstract


Desa Lahumbo merupakan Desa yang di Mekarkan dri Desa Mohungo pada Tahun 1986 yang pada saat itu kepala Desa-nya adalah “ Baidi Kamumu”. dengan adanya semangat perjuangan pada tanggal 1 Maret 1986 dan kerja keras dari tokoh masyarakat dan panitia pemekaran Desa Lahumbo maka lahirlah Desa Lahumbo 1 Maret 1986 yang diberi nama “ Desa Lahumbo” yang kemudian Desa Lahumbo sebagai pejabat Kepala Desa adalah Hino Manopo selama 1 Tahun. kemudian pada Tahun 1987-1988 Bapak Djafar Alamri pelaksana harian dan pada Tahun 1988-2007 Bapak Daud Yajitala menjadi kepala Desa yang definitif. Desa Lahumbo Terletak dibagian Utara dari Desa Mohungo ( Desa Induk) yang mempunyai luas Wilayah 10.000 Ha.

Berdasarkan data desa, Desa Lahumbo termasuk dalam Lokus Stunting, sehingga kami berinisiatif  mengadakan sosialisasi sekaligus Pemberian Makanan Tamabahan dan bingkisan (sayuran, buah, telur, tempe, biscuit dan susu) untuk memberikan edukasi mengenai pentingnya pencegahan Stunting sejak 1000 hari pertama kehidupan dengan memperhatikan pola asuh dan pemberian makanan bergizi pada balita. Kemudian kami melakukan pendataan kembali balita yang terdampak Stunting dengan membagikan Kuesioner, untuk melihat presentase penurunan Stunting dan mengetahui pengetahuan ibu mengenai pola asuh anak yang baik.


Keywords


stunting, DSGs, lahumbo

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37905/sibermas.v11i4.12325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

LPPM Universitas Negeri Gorontalo

Jln. Jenderal Sudirman No.6 Kota Gorontalo

Homepage : http://lppm.ung.ac.id

E-mail: lpm@ung.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Sibermas (Sinergi Bersama Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License