PENDEKATAN PROGRAM DESA PESISIR DALAM MENDUKUNG PENCAPAIAN SDGs

Zhulmaydin Chairil Fachrussyah

Abstract


Tujuan kegitan Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Membangun Desa dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam menjaga lingkungan yang ada di Desa Bajo Poat dan Desa Balai Gondi agar tetap bersih serta masyarakat desa hanya memerlukan dorongan berupa pendidikan atau tambahan pengetahuan mengenai budidaya yang memanfaatkan laut dan pegunungan. Masyarakat hanya memiliki pengetahuan umum yang mana hasil laut yang mereka dapatkan hanya bisa di jual dan dikonsumsi sendiri tapi tidsk berpikiran bahwa mereka bisa mengolahnya lagi menjadi produk lain. Seperti abon ikan, ikan asin, ikan asap, kerajinan tangan dari kulit kerang, bahkan bisa membuat kulit kerang menjadi campuran bahan bangunan bila di bubuk atau menghasilkan karya seni dari sisik ikan. Target khusus menjadi media solusi dan pencerahan dalam upaya keluar dari problematika keterasingan dan membantu mereka untuk memahami pemanfaatkan dan mampu memaksimalkan potensi sumber daya lokal yang sudah ada serta meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi dalam hal ini program desa yang telah di buat oleh Desa Bajo Poat dan Desa Balai Gondi itu sendiri. serta membuka peluang agar ke depannya unit lembaga yang akan datang dapat meneruskan program, sinergitas program secara berkelanjutan dapat dilaksanakan oleh masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Syardiansah. 2019. “Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa,” JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam) 7, no. 1. Hal : 57.

http://webblogkkn.unsyiah.ac.id/tanjungpura12/pembuatan-peta-desa/




DOI: https://doi.org/10.37905/sibermas.v11i5.12511

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

LPPM Universitas Negeri Gorontalo

Jln. Jenderal Sudirman No.6 Kota Gorontalo

Homepage : http://lppm.ung.ac.id

E-mail: lpm@ung.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Sibermas (Sinergi Bersama Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License