Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga dan Limbah Pertanian Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Tabongo Barat

Muhammad Arief Azis, Anggry Pratama Solihin

Abstract


Kabupaten Gorontalo merupakan salah satu daerah sentra pertanian terbesar di Provinsi Gorontalo. Di kabupaten ini, banyak dikembangkan komoditas pertanian baik itu tanaman pangan, hortikultura maupun perkebunan. Desa Tabongo Barat Kecamatan Tabongo merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Gorontalo yang memiliki potensi pertanian sangat baik dan sebagian besar masyarakatnya bekerja sebagai petani. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan petani di desa Tabongo Barat, diketahui permasalahan yang dihadapi petani dan masyarakat adalah kelangkaan pupuk di pasaran serta limbah sabut kelapa dari kegiatan perkebunan yang dilakukan. Berdasarkan kondisi tersebut, program kuliah kerja nyata Desa Membangun melaksanakan pengabdian masyarakat dengan tema pemanfaatan limbah rumah tangga dan pertanian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Tabongo Barat. Pada program pengabdian ini telah dilakukan kegiatan seminar dan pelatihan pembuatan pupuk organik dari limbah rumah tangga dari air cucian beras dan kulit bawang serta pelatihan pembuatan pot bunga dan media tanam dari limbah sabut kelapa kepada masyarakat di Desa Tabongo Barat, Kabupaten Gorontalo. 


Keywords


limbah rumah tangga, limbah sabut kelapa, pupuk organik

Full Text:

PDF

References


Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 2020. Komposisi Sampah Nasional berdasarkan Sumber Sampah. Diunduh dari : https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/07/29/mayoritas-sampah-nasional-dari-aktivitas-rumah-tangga-pada-2020.

Simanungkalit, R.D.M., D. A. Suriadikarta., R. Saraswati.,

D. Setyorini., dan W. Hartatik. 2006. Pupuk Organik dan Hayati. Balai Besar Sumberdaya Lahan Pertanian. Bogor. 312 Hlm.




DOI: https://doi.org/10.37905/sibermas.v11i5.12905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

LPPM Universitas Negeri Gorontalo

Jln. Jenderal Sudirman No.6 Kota Gorontalo

Homepage : http://lppm.ung.ac.id

E-mail: lpm@ung.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Sibermas (Sinergi Bersama Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License