Penguatan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Mitra Kampus Mengajar MBKM Kabupaten Bone Bolango

Irina Popoi, Abdulrahim Maruwae, Meyko Panigoro

Abstract


Proses pembelajaran pada masa pandemi menuntun guru harus melakukan penyesuaian dan percepatan integrasi teknologi dalam pembelajaran. Merespon hal tersebut, dipandang perlu untuk memfasilitasi para guru agar dapat mengembangkan kapasitas diri dan potensinya maupun meningkatkan kompetensi baik pengetahuan dan keterampilannya. Jenjang SD yang menjadi sasaran Program Kampus Mengajar, selain dinilai sebagai jenjang pendidikan yang harus melakukan adapatasi teknologi saat pandemic covid-19, SD yang terpilih pun merupakan sekolah dengan nilai Akreditasi C. Program pengabdian kolaboratif ini menyasar Sekolah Mitra Program Kampus Mengajar di Kabupaten Bone Bolango (SD Negeri 5 dan SD Negeri 6 Suwawa Tengah). Program ini bertujuan untuk memfasilitasi guru dalam merancang pembelajaran daring dengan memanfaatkan aplikasi dan media pembelajaran online sebagi pendukung pembelajaran daring. Selain itu juga memfasilitasi guru dalam mengintegrasikan pembelajaran luring dengan pembelajaran daring yang dapat ditempuh dengan pembelajaran bauran. Untuk mencapai tujuan tersebut menggunakan metode sosialisasi pemaparan materi, latihan, pendampingan, diskusi, dan evaluasi. Hasil yang dicapai dalam kegiatan ini, yaitu 1) meningkatnya pengetahuan dan minat dari peserta dalam menyiapkan pembelajaran daring; 2) lebih terfokusnya pendekatan yang dipilih yaitu mode daring asyncrhonous, dengan memperhatikan kondisi jaringan yang kurang stabil di tempat tinggal siswa; 3) berdasarkan kondisi yang terlihat saat pelaksanaan kegiatan menunjukan bahwa peserta sangat memahami penjelasan materi yang disampaikan.

Keywords


Kompetensi Guru; Pembelajaran; Daring

Full Text:

PDF

References


Astini, N. K. S. (2020). Tantangan dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19, Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan

Goldschmidt, K. (2020). The COVID-19 Pandemic: Technology use to Support the Wellbeing of Children. Journal of Pediatric Nursing. https://doi.org/10.1016/j.pedn.2020.04.013

Kelana, J. B., Wardani, D.S., (2021). Pelatihan Peningkatan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19 Pada Guru Sekolah Dasar, BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol 2. No. 2 (426-431)

Sadikin, A., dan Hamidah, A., (2020). Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19, Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, Vol 6. No. 2 (214-224)

Wardani, D. S., Fauzi, M. R., Zafira, R., & Kurniawati, D. (2020). Creating Props: Improving Writing Skills of Teaching Materials of Elementary Teacher Education Students through Project-Based Learning Model. Mimbar Sekolah Dasar, 7(2), 216-234

Zhafira, N. H., Ertika, Y., dan Chairiyaton (2020). Daring sebagai sarana pembelajaran selama masa karantina covid-19, Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, Vol 4. No. 1 (37-45)

Buku Pegangan DPL Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021

Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2020, Gorontalo: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Gorontalo




DOI: https://doi.org/10.37905/sibermas.v10i3.13444

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

LPPM Universitas Negeri Gorontalo

Jln. Jenderal Sudirman No.6 Kota Gorontalo

Homepage : http://lppm.ung.ac.id

E-mail: lpm@ung.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Sibermas (Sinergi Bersama Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 


slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor