Pelatihan Pengolahan Jantung Pisang menjadi Makanan yang Bernilai Tinggi di Desa Buntulia Selatan Kecamatan Duhiadaa Kabupaten Pohuwato

Tirtawaty Abdjul, Septiana Kurniasari, I Made Hermanto, Muhammad Yunus

Abstract


Pisang merupakan tanaman yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat, terutama buahnya. Akan tetapi, berbeda dengan buahnya yang mempunyai rasa manis, jantung pisang tidak begitu enak sehingga nilai ekonomisnya relatif rendah dan tidak diminati masyarakat. Untuk meningkatkan daya terima masyarakat luas, maka jantung pisang harus diolah menjadi berbagai aneka makanan dan juga menjadi bahan baku  dasar dalam pembuatan daging dan nugget jantung pisang. Metode pelaksanaan kegiatan adalah memberikan pelatihan dan pendampingan mengenai proses pengolahan jantung pisang menjadi produk makanan yang bernilai ekonomis kepada masyarakat Desa Buntulia Selatan, Kecamatan Duhiadaa, Kabupaten Pohuwato. Berdasarkan hasil kegiatan, diperoleh bahwa kegiatan ini memberikan kesadaran masyarakat terkait pemanfaatan jantung pisang menjadi hasil olahan makanan yang bernilai jual tinggi, serta menjadikan jantung pisang sebagai bahan untuk memberdayakan kewirausahaan masyarakat.

Keywords


pisang; kewirausahaan; Desa Buntulia Selatan

Full Text:

PDF

References


Fernianti, D., & Hastuti, D. 2019. Analisa α-Selulosa dan Bilangan Kappa pada Proses Pembuatan Pulp (Pulping) Menggunakan Seludang Jantung Pisang sebagai Bahan Baku. ISSN: 1907-5995.

Kusnandar, F. 2010. Kimia Pangan Komponen Pangan. Jakarta: PT. Dian Rakyat.

Lillasari, J., & Arifin, N. 2020. Penggunaan Teknologi Informasi dalam Pemasaran Produk Perusahaan di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Penalaran dan Penelitian Nusantara. Vol. 1, Oktober 2020.

Lingga, L. 2010. Cerdas Memilih Sayuran. Jakarta: PT. Agro Media Pustaka.

Novitasari, A., Afin, AMS., Apriliani, LW., Purnamasari, D., Hapsari, E., & Ardiyani, ND. 2013. Inovasi dari Jantung Pisang (Musa paradisiaca). Jurnal Kesmadaska: 96-99.

Soegoto, ES. 2009. Entrepreneurship menjadi Pebisnis Ulung. Jakarta: PT. Elex Media Computindo.




DOI: https://doi.org/10.37905/sibermas.v12i2.17490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

LPPM Universitas Negeri Gorontalo

Jln. Jenderal Sudirman No.6 Kota Gorontalo

Homepage : http://lppm.ung.ac.id

E-mail: lpm@ung.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Sibermas (Sinergi Bersama Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License