Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Terhadap Mitigasi Bencana Di Desa Olele Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango

Rawiyah Husnan, Aryati Alitu, Frice Desei

Abstract


Desa Olele terletak di pesisir Teluk Tomini yang dikenal dengan Pantai Olele, dengan keindahan bawah laut yang menakjubkan dan merupakan unggulan wisata bahari Provinsi Gorontalo. Berdasarkan kondisi geografis dan geologisnya, pesisir pantai berpotensi mengalami bencana alam antara lain gempa bumi tektonik, tsunami, angin topan/badai, dan tanah longsor, maupun oleh faktor non alam. Oleh karena itu melelaui kegiatan KKN Tematik ini dilaksanakan sosialisasi kepada masyarakat potensi-potensi bencana, pemetaan dan pembuatan jaur evakuasi, pembuatan Peta Rawan Bencana serta sosialisasi dan pelatihan Mitigasi Bencana.

Metode yang digunakan adalah metode survey, sosialisasi, dan pendampingan terhadap  masyarakat terkait mitigasi bencana alam di daerah pesisir pantai. Sosialisasi dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dan pengertian terhadap jenis-jenis kemungkinan bencana yang terjadi di daerah pesisir dan mitigasi terhadap bencana sesuai dengan jenis bencana yang terjadi menuju Desa Olele sebagai Desa Tangguh Bencana (Destana).

Hasil dari kegiatan KKN Tematik ini adalah: 1) Kegiatan ini mendapat apresiasi dari masyarakat Desa Olele, 2) Seluruh program terlaksana dengan baik walaupun ada kegiatan-kegiatan yang bergeser waktu pelaksanaannya, 3) Sosialisasi Desa Tagguh Bencana harus terus-menerus dipantau keberlanjutannya, dan 4) Kerjasama dan koordinasi dengan mitra sangat penting untuk kelancaran pelaksanaan program.


Keywords


Mitigasi Bencana; Jalur Evakuasi; Pemberdayaan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


M. Sayuti. Djau, Analisis Keberlanjutan Sistem Perikanan di Kawasan Konservasi Laut Daerah (KKLD) Olele dan Perairan Sekitarnya Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo, Bogor, IPB University, 2012.

Dinas Kelautan dan Perikanan. Sipil, “Data Pendudukan Kabupaten Bone Bolango,” 2022. [Online]. Available: https://disdukcapil.bonebolangokab.go.id/.

Profil Desa Bone Bolango, Dinas Kelautan dan Perikanan, “Kondisi Sistem Sosial Ekologi Wilayah Penelitan,” 2007. [Online]. Available: file:///Users/raiflatongko/Downloads/adoc.pub_4-kondisi-sistem-sosial-ekologi-wilayah-penelitian%20(2).pdf. [Diakses Desember 2022].

Direktorat Jenderal Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil - Departemen Kelautan dan Perikanan, Pedoman Mitigasi Bencana Alam di Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, 2004.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah, “Desa Tangguh Bencana,” 12 Des. 2021. [Online]. Available: http://bencanapedia.id/Desa_Tangguh_Bencana. [Diakses Des. 2022].




DOI: https://doi.org/10.37905/sibermas.v12i2.17492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

LPPM Universitas Negeri Gorontalo

Jln. Jenderal Sudirman No.6 Kota Gorontalo

Homepage : http://lppm.ung.ac.id

E-mail: lpm@ung.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Sibermas (Sinergi Bersama Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License