Implementasi MBKM melalui Pengembangan Kegiatan Mahasiswa dalam Mengatasi Permasalahan di Masyarakat Desa Hulawa

Rapi Us. Djuko, Yakob Napu, Abd. Hamid Isa

Abstract


Real Work Lecture (KKN) is a form of student service to the community and a part of the Tri Dharma of Higher Education. By holding KKN, it is hoped that a student will become more mature with his scientific discipline. KKN also seeks to create a more effective education, education that is directly experienced by students. So it is not just material but more important is the application of the theories that have been obtained in college which must be applied in the community environment because sometimes the theories that have been obtained in college are not the same as the reality in the community environment. The implementation of the KKN program is packaged under the theme "MBKM-MD". Through this program and theme, it is hoped that students will be able to take part in directing the community in improving the quality of the village and making the village more radiant, more creative and prosperous. Independent Free Campus Real Work Lecture (KKN-MBKM) is a form of education by providing learning experiences for students to live in the community outside the campus, which directly together with the community identify potential and deal with problems so that they are expected to be able to develop village potential / area and concocting solutions to problems in the village. The general objective is to support and motivate all processes of the 2022 MD UNG KKN-MBKM Program activities to carry out an activity both in the form of outreach in the community around the village and to increase the name of the shining village, you can say the village which has the cohesiveness and welfare of the community in the district and district. The achievement of this activity is the implementation of skills development in the community. The level of community participation in this activity is relatively good.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) suatu bentuk pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat dan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dengan diadakannya KKN, diharapkan seorang mahasiswa semakin matang dengan disiplin keilmuannya. KKN juga berupaya mewujudkan pendidikan yang lebih efektif, pendidikan yang langsung dialami oleh mahasiswa. Jadi tidak hanya sekadar materi tetapi yang lebih penting adalah aplikasi dari teori-teori yang telah diperoleh di bangku kuliah yang harus diterapkan dalam lingkungan masyarakat karena terkadang teori-teori yang telah didapat di bangku kuliah tidak sama dengan kenyataan yang ada di lingkungan masyarakat. Pelaksanaan program KKN dikemas dalam tema “MBKM-MD” (Merdeka belajar Kampus Merdeka-Membangun Desa). Melalui program dan tema ini, diharapkan agar mahasiswa dapat ikut andil dalam mengarahkan masyarakat dalam meningkatkan kualitas desa dan menjadikan desa lebih bersinar, lebih kreatif dan sejahtera. Kuliah Kerja Nyata Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKN-MBKM) merupakan suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat di luar kampus, yang secara langsung bersama-sama masyarakat mengidentifikasi potensi dan menangani masalah sehingga diharapkan mampu mengembangkan potensi desa/daerah dan meramu solusi untuk masalah yang ada di desa.Tujuan umum untuk mendukung dan memotivasi segala proses kegiatan Program KKN-MBKM MD UNG 2022 untuk melakukan suatu kegiatan baik dalam bentuk sosialisasi yang ada dilingkungan masyarakat sekitar desa dan meningkatkan nama desa bersinar bisa dikatakan desa yang memiliki kekompakan dan kesejahteraan masyarakat di lingkungan kecamatan dan kabupaten. Pencapaian kegiatan ini terlaksananya pembinaan keterampilan-keterampilan di Masyarakat tingkat paertisipasi masyarakat dalam kegiatan ini relatif cukup baik.


Keywords


real work lecture; motivation; coaching; creative student

Full Text:

PDF

References


Afandi, Agus Dkk. (____). Panduan Penyelenggaraan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Transformatif Dengan Metodologi Participatory Action Research (PAR)

LPPM IAIN Sunan Ampel Surabaya. (2014). Pedoman Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Posdaya Universitas Muria Kudus Tahun 2014 / 2015. Kudus: UMK

Syardiansah. (2017). Peranan Kuliah Kerja Nyata sebagai bagian dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017). JIM UPB, Vol. 7(No. 1), hal 57-68 (DOI: https://doi.org/10.33884/jimupb.v7i1.915).

Tim Pelaksana KKN Tematik LPPM UPI. (2016). Buku panduan Kuliah Kerja Nyata Tematik Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: LPPM UPI.

Tim Penyusun Buku Pedoman KKN PPM. (2007). Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Perguruan Tinggi di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.37905/sibermas.v13i2.17812

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

LPPM Universitas Negeri Gorontalo

Jln. Jenderal Sudirman No.6 Kota Gorontalo

Homepage : http://lppm.ung.ac.id

E-mail: lpm@ung.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Sibermas (Sinergi Bersama Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License