Pemberdayaan UMKM Olahan Hasil Laut Sebagai Penguatan Ekonomi Masyarakat Lokal di Desa Tihu Kabupaten Bone Bolango
Abstract
Desa Tihu, Kecamatan Bone Pantai, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, merupakan salah satu desa yang memiliki potensi hasil laut melimpah, namun olahan hasil lautnya masih terbatas dan belum dikembangkan secara optimal. Keterbatasan akses pasar, kurangnya diversifikasi produk, dan minimnya keterampilan pengolahan hasil laut menjadi kendala utama masyarakat. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dilaksanakan oleh UNG berusaha melahirkan program-program pemberdayaan masyarakat untuk mendukung pengembangan ekonomi lokal berbasis potensi daerah. Melalui metode pelaksanaan pendekatan partisipatif yang melibatkan masyarakat desa secara aktif pada setiap tahap kegiatannya, diberikan pelatihan dan pendampingan kepada Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) masyarakat desa Tihu agar dapat meningkatkan olahan hasil lautnya untuk dapat bersaing di pasar lokal maupun lintas wilayah. Kegiatan ini meliputi teknik pengolahan bahan, teknik pengemasan, hingga strategi pemasaran beberapa produk olahan seperti sambal ikan teri, acar ikan, dan cireng isi ikan cakalang. Kegiatan ini tidak hanya berfokus pada peningkatan keterampilan, tetapi juga mendorong kemandirian masyarakat dalam mengelola potensi lokal sehingga tidak hanya memberikan dampak ekonomi jangka pendek, tetapi juga membangun fondasi untuk keberlanjutan ekonomi masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul,N. N., Fitriani,D., Mahanggi,M. R., & Hatta,A. R. (2024). Laporan KKN MBKM (Peningkatan Kemandirian Masyarakat Melalui Pengembangan Potensi Wisata yang Menjunjung Budaya Kearifan Lokal di Desa Tihu Kecamatan Bone Pantai Kabupaten Bone Bolango). Gorontalo: LPPM UNG.
Ardiana. (2010). Kompetensi SDM UKM dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UKM di Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan.
Asnuryati. (2023). Strategi Pengembangan Ekonomi Berkelanjutan di Desa: Mendorong Pemberdayaan Komunitas dan Kemandirian Ekonomi Lokal. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2).
Erlansyah, Antu,Y. R., & Anwar,R. (2021). Tihu beach tourism development strategy in Bone Bolango District. Tomini Journal of Aquatic Science, 2(2), 61–67.
Muslim, A. (2007). Pendekatan Partisipatif dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aplikasia, 8(2), 89-103.
Sarfiah,S. N., Atmaja,H. E., & Verawati,D. M. (2019). UMKM SEBAGAI PILAR MEMBANGUN EKONOMI BANGSA. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2).
Sudaryanto, Ragimun, & Wijayanti,R.R. (2014). Strategi Pemberdayaan UMKM Menghadapi Pasar Bebas Asean. Perpustakaan Departemen Keuangan.
Sulthan, M. (2017). Komunikasi Pemasaran Pariwisata Kabupaten Purbalingga (Studi Pada Analisis Komunikasi Pariwisata Berbasis Digital). Prosiding Seminar dan Call For Paper 20-21 Oktober 2017, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Tampubolon, J., Sugihen,B.G., Slamet,M., Susanto,Dj., & Sumardjo. (2006). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENDEKATAN KELOMPOK. Jurnal Penyuluhan, 2(2).
Valentina,A., Suryaningsih, Pangestoeti,W., Yahya,G.Y., & Rolisti,D. (2024). Pelatihan Digital Marketing Dalam Rangka Penguatan Kapasitas UMKM Desa Ekang Anculai. Journal of Community Servicee, 1(1).
DOI: https://doi.org/10.37905/sibermas.v14i1.29260
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
LPPM Universitas Negeri Gorontalo
Jln. Jenderal Sudirman No.6 Kota Gorontalo
Homepage : http://lppm.ung.ac.id
E-mail: lpm@ung.ac.id

Jurnal Sibermas (Sinergi Bersama Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License