Pelatihan Penulisan Resensi Buku kepada Guru di SMP Muhammadiyah 3 Gorontalo

La Ode Gusman Nasiru, Gita Juniarti, Hermila A., Rahmat Taufik R.L Bau, Muhammad Akram Mursalim, Ismaul Fitroh

Abstract


Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh masyarakat di Indonesia, termasuk profesi guru, adalah menulis. Menulis resensi juga menjadi salah satu kemampuan yang dimiliki oleh guru untuk menceritakan tentang kelebihan dan kekurangan dari buku yang dibaca oleh mereka. Hal ini akan menimbulkan dampak positif kepada murid-murid mereka, salah satunya adalah menumbuhkan minat baca mereka. Oleh sebab itu, pengabdian ini dilaksanakan agar para guru mengenal lebih dalam mengenai cara menulis resensi buku, mulai dari membaca buku yang akan diresensi; mencatat informasi buku; mengakaji keabsahan dan tata tulis; menyusun ringkasan isi buku; mengkaji kelebihan dan kelemahan buku; dan menulis opini di dalam resensi tersebut. Pengabdian ini dilaksanakan dengan metode dari tahapan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Di dalam pelaksanaannya, kegiatan ini diawali dengan pemberian materi terlebih dahulu mengenai dasar-dasar resensi buku kepada 9 guru di SMP Muhammadiyah 3 Kota Gorontalo. Setelah pemaparan materi, tahap selanjutnya adalah melakukan uji coba penulisan resensi salah satu buku yang dibaca oleh guru tersebut. Hasilnya, beberapa dari guru di SMP Muhammadiyah 3 Gorontalo berhasil memahami tentang resensi buku, mulai dari memilih buku yang telah diresensi sampai menulis opini di dalam resensi tersebut. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa kekurangan dari uji coba tersebut, antara lain membuat judul yang menarik dan menuliskan secara rinci mengenai kekurangan dan kelebihan dari buku yang telah dibaca oleh mereka.


Keywords


Resensi buku; guru; menulis; SMP Muhammadiyah 3 Gorontalo.

Full Text:

PDF

References


Hikmah, A., Sumarwati, S., & Rohmadi, M. (2023). Karakteristik Teks Resensi pada Portal Apresiasi Online sebagai Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas (Characteristics of Review Texts on Online Appreciation Portals as Indonesian Language Learning Materials in High Schools). Indonesian Language Education and Literature, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.24235/ileal.v9i1.13211

Inami, D. F. L., & Nurislaminingsih, R. (2019). ANALISIS BENTUK PERSONAL BRANDING PUSTAKAWAN MELALUI MEDIA SOSIAL (Studi Kasus Pada Akun Media Sosial Pustakawan di Kota Semarang, Salatiga, dan Yogyakarta). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(4), Article 4.

Islamiyah, M., Hakim, L., Fitria, V. A., & Habibi, A. R. (2023). Pendampingan Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di SMKN 2 Turen. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.32815/jpm.v4i1.1009

Kurnia, M. D. (2021). Kompetensi Literasi Digital Mahasiswa Dalam Menulis Artikel Opini. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 4(1), Article 1.

Nurina, F. (2021). Pembelajaran Menulis Teks Resensi dengan Model Project Based Learning (PJBL) untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Jalancagak. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.23969/wistara.v2i2.2276

Paimun, P. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENULIS ARTIKEL MELALUI WORKSHOP. Jurnal Ilmiah WUNY, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/jwuny.v2i2.34682

Puspitasari, N. A., & Sukartono, S. (2022). Problematika Guru dalam Menumbuhkan Budaya Literasi Membaca pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2830

Qorib, A. (2019). Pengantar Jurnalistik. Guepedia.

Risna, N., Bahari, Y., & Parijo. (2014). UPAYA GURU DALAM MENGATASI RENDAHNYA MINAT BACA SISWA DI PERPUSTAKAAN SD NEGERI 4. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(10), Article 10. https://doi.org/10.26418/jppk.v3i10.7360

Syahid, A. A. (2016). RESENSI BUKU: MEMBUKA PEMIKIRAN BARU TENTANG BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v3i1.2361




DOI: https://doi.org/10.37905/sibermas.v14i1.30620

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

LPPM Universitas Negeri Gorontalo

Jln. Jenderal Sudirman No.6 Kota Gorontalo

Homepage : http://lppm.ung.ac.id

E-mail: lpm@ung.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Sibermas (Sinergi Bersama Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License