Peningkatan Kompetensi Pelaku Umkm Melalui Program Penguatan Manajemen Keuangan di Tengah Pandemi COVID 19

Tri Handayani Amaliah, niswatin niswatin, Ronald Soemitro Badu

Abstract


Tujuan dari pelaksanaan Program KKN Merdeka Belajar adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang pentingnya pengelolaan dan penatausahaan keuangan dalam UMKM, meningkatkan pemahaman potensi pendapatan yang diperoleh dari hasil UMKM, meningkatan pemahaman tentang pengendalian keuangan, terciptanya penatausahaan atau administrasi dengan baik pada para pelaku UMKM, terciptanya pencatatan transaksi keuangan dengan baik, tersedianya informasi keuangan yang dibutuhkan bagi pelaku UMKM yang digeluti, serta tersedianya kesadaran akan pengelolaan dan penatausahaan keuangan UMKM yang transparan dan akuntabel. Hasil dari program kegiatan yang diselengarakan oleh mahasiswa KKN Merdeka Belajar untuk menciptakan kesadaran akan pentingnya pengelolaan keuangan dalam usaha yang digeluti oleh UMKM, menghasilkan output yaitu adanya pemahaman terkait pembukuan dan tata kelola keuangan yang merupakan aspek penting untuk meningkatkan taraf hidup pelaku UMKM.


Full Text:

PDF

References


Humaira I, Sagoro Em. Pada Pelaku Umkm Sentra Kerajinan Batik Kabupaten The Influence Of Financial Knowledge , Financial Attitude , And Personality Towards Management Behavior On Small. J Nominal. 2018;Vii(1).

Hairunisya N, Subiyantoro H. Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Laporan Keuangan. J-Adimas (Jurnal Pengabdi Kpd Masyarakat). 2016;4(2):31-41.

Putri Eh. Efektivitas Pelaksanaan Program Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Pada Dinas Koperasi Dan Umkm Kota Samarinda ). Ejournal Adm Negara. 2017;5(1):5431-5445.

Pakpahan Ak. Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. 2020;20(April).

Suci Yr. Perkembangan Umkm (Usaha Mikro Kecil Menengah) Di Indonesia. J Ilm Fak Ekon. 2017;6(1):51-58.




DOI: https://doi.org/10.37905/sibermas.v9i1.7741

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

LPPM Universitas Negeri Gorontalo

Jln. Jenderal Sudirman No.6 Kota Gorontalo

Homepage : http://lppm.ung.ac.id

E-mail: lpm@ung.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Sibermas (Sinergi Bersama Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License