Strategi Pengelolaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Era Pandemi Corona Virus Disease (Covid -19)

Muhammad Amir Arham, Mattoasi Mattoasi, Rio Monoarfa, Siti Pratiwi Husain, Amir Lukum

Abstract


Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada sektor ekonomi nasional.bagaiamana tidak, sektor UMKM yang telah teruji bertahap selama beberapa kalinkrisis ekonomi melanda Indonesia, namun pandemic Covid-19 berhasil menumbangkan sektor ini. tidak sedikit pelaku UMKM yang harus gulung tikar, dan mengalami penurunan omset yang begitu drastis. Tujuan dilaksanakan kegiatan pengabdian ini adalah untuk membantu menyelasaikan persoalan UMKM baik meliputi strategi menjalankan bisnis dimasa pandemi, manajemen keuangan UMKM, dan akses modal.Kegiatan pengabdian ini berhasil memberikan pembinaan berdasarkan rumusan masalah yang diperolah dari olahan data hasil wawancara dan observasi secara langsung.

Full Text:

PDF

References


Agustina Prativi Nugraheni, O. L. (2020). STRATEGY OF SMEs IN THE COVID-19 PANDEMIC PERIOD. Jurnal Akuntansi & Perpajakan.

Benny Prayudi, Ida Budiarty, Irma Febriana (2019). Analisis Penyerapan Tenaga Kerja Pada Industri Batu Bata Di Kecamatan Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah.

Erwan-Agus (2007). Mengkaji Potensi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk Pembuatan Kebijakan Anti Kemiskinan di Indonesia. https://doi.org/10.22146/jsp.11009

Gangi, F., Meles, A., Monferrà, S., & Mustilli, M. (2018). Does corporate social responsibility help the survivorship of SMEs and large firms? Global Finance Journal, 100402. https://doi.org/10.1016/j.gfj.2018.01.006

Ghassani, N. (2015). Kemitraan Pengembangan UMKM. Kebijakan Dan Manajemen Publik, 3(2), 142–151. Retrieved from http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-kmp16cb8512a4full.pdf

Grootaert, C., Narayan, D., Jones, V. N., & Woolcock, M. (2004). Measuring social capital: An integrated questionnaire. The World Bank.

Haryono, N. (2016). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah melalui Program Corporate Social Responsibility Memasuki Pasar Bebas. Jejaring Administrasi Publik, 8(1),887–898. Retrieved from http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-admp82d74b3aa6full.pdf

Haryono, N. (2016). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah melalui Program Corporate Social Responsibility Memasuki Pasar Bebas. Jejaring Administrasi Publik, 8(1), 887–898. Retrieved from http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-admp82d74b3aa6full.pdf

Lies,M.H dan Devi-Agustin (2019). Pengaruh Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Pendapatan Nasional Pada Sektor UMKM di Indonesia.https://doi.org/10.23960/jep.v8i2.45

Pakpahan, A. K. (2020). COVID-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah

Thaha, A. F. (2020). DAMPAK COVID-19 TERHADAP UMKM DI INDONESIA. JURNAL BRAND , 147-153.




DOI: https://doi.org/10.37905/sibermas.v9i2.7923

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

LPPM Universitas Negeri Gorontalo

Jln. Jenderal Sudirman No.6 Kota Gorontalo

Homepage : http://lppm.ung.ac.id

E-mail: lpm@ung.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Sibermas (Sinergi Bersama Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License