Pelatihan Dan Pendampingan Aplikasi Sistem Informasi Potensi Desa (Sipodes) Untuk Ketahanan Desa Di Masa Pandemi COVID19

Nikmasari Pakaya, Moh Hidayat Koniyo, Sri Nilawaty Lahay

Abstract


Pandemi Covid-19 berdampak pada perputaran roda perekonomian baik di perkotaan maupun di pedesaan di seluruh wilayah termasuk di wilayah Provinsi Gorontalo. Terhadap masalah yang dihadapi desa, perlu untuk dilakukan solusi yang membantu mendukung pengembangan potensi desa untuk penguatan masyarakat dan perekonomian desa. Kegiatan pengabdian ini diusulkan sebagai upaya untuk membantu pemerintah desa untuk mengembangkan potensi desa baik potensi Sumber Daya Alam maupun Sumber Daya Manusia untuk memperkuat perekonomian desa di masa pandemik. Pelatihan dan pendampingan penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Potensi Desa diharapkan dapat membantu masyarakat desa untuk dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan potensi desa yang lebih inovatif di masa pandemi dan pasca pandemi. Selain itu, kegiatan pengabdian ini diharapkan juga mampu mengingkatkan kecakapan sumber daya manusia dalam mengoperasikan layanan berbasis elektronis.

Full Text:

PDF

References


A. Salim, “Management Information in Rural Area : A Case Study of Rancasalak Village in Garut , Indonesia,”Procedia Technol., vol.11, no. Iceei, pp. 243–249, 2013.

Covid19.go.id. (2020, 11 agustus). Berita. Diakses pada 11 agustus 2020, dari https://covid19.go.id/p/berita.

Kadir, Abdul. 2002. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi Offset.

Mediaindonesia.com. (2020, 11 agustus). Pemerintah Jaga Kemampuan Produksi Desa Saat Pandemi Covid-19. Diakses pada tanggal 11 agustus 2020, dari https://mediaindonesia.com/read/detail/307328-pemerintah-jaga-kemampuan-produksi-desa-saat-pandemi-covid-19.

Rencana Kerja Pembangunan Desa Zuriati. 2020.

Sulistyowati F. 2013. Partisipasi Warga terhadap Sistem Informasi Desa. Komunikasi ASPIKOM. 2(1): 579-588.




DOI: https://doi.org/10.37905/sibermas.v9i2.7977

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

LPPM Universitas Negeri Gorontalo

Jln. Jenderal Sudirman No.6 Kota Gorontalo

Homepage : http://lppm.ung.ac.id

E-mail: lpm@ung.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Sibermas (Sinergi Bersama Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License