Upaya Pendampingan Masyarakat Dalam Pencegahan Stunting Di Desa Pelambane Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato

Trisnawaty J Buhungo, Supartin Supartin

Abstract


Berbagai upaya dilakukan pemerintah dalam menentaskan angka stunting di Indonesia, ironisnya ini tidak diimbangi dengan kualitas dari masyrakat dalam upaya mencehag stutung. Berdasarkan hal tersebut kami dari tim KKN pengabdian UNG melaksanakan kegiatan pendampingan masyarakat dalam upaya untuk pemcedgahan stunting di desa Pelambane Kecamatan Randangan kabupaten Pohuwato. Adapun Metode yang digunakan dalam pelaksanaan KKS pengabdian ini adalah Metode pelatihan yaitu dengan melakukan pelatihan bagi masyarakat dalam hal Penyuluhan dan pembuatan makanan tambahan yang diolah dari sumber daya setempat yaitu Ikan bandeng yang kaya akan gizi bagi anak-anak balita desa Pelambane Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato. Tujuan dari pelaksanaan KKN pengabdian ini adalah memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada Masyarakat setempat tentang bagaimana mencegah stunting dan bagaimana mengolah makanan tambahan yang bergizi bagi anak-anak balita. Target yang diharapkan dalam KKN pengabdian ini berupa meningkatnya pengetahuan masyarakat dan kemampuan masyarakat dalam hal mengolah makanan tambahann makanan melalui pelaksanaan pelatihan dan pendampingan oleh tim KKN penganbdian. Adapun luaran yang diharapkan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah (1) Meningkatnya Meningkatnya pegetahuan stunting bagi masyarakat; (2) Masyarakat dapat mengolah makanan tambahan bagi anak-anak balita dengan memanfaatkan ikan bandeng yang merupakan sumber daya yang ada di desa Pelambane.


Full Text:

PDF

References


Departemen Kesehatan. 1997. Buku Kesehatan Ibu dan Anak. Jakarta: Depkes dan Jica.

Hardiansyah MS, Prof. DR. 2017. Ilmu gizi teori dan aplikasi. Jakarta, penerbit AIPGI.

Suharto, Edi. 2009. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat: Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Trihono Dkk. 2015. Stunting di Indonesia Masalah dan Solusinya, (Jakarta, badan penelitian dan pengembangan kesehatan.




DOI: https://doi.org/10.37905/sibermas.v8i3.7982

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

LPPM Universitas Negeri Gorontalo

Jln. Jenderal Sudirman No.6 Kota Gorontalo

Homepage : http://lppm.ung.ac.id

E-mail: lpm@ung.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Sibermas (Sinergi Bersama Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License