Peningkatan Potensi Ekonomi Lokal Melalui Teknologi Pengembangan Produk Minyak Balur Dari Kelapa

Moh Adam Mustapa, Endah Nurrhohwinta Djuwarno

Abstract


Potensi Kelapa di Desa Didingga sangat berlimpah, untuk pengelolaannya saat ini belum menjadi perhatian masyarakat dalam pemanfaatan Kelapa, saat ini masih kurang Produktif, karena hasil kelapa yang sangat banyak maka perlu adanya teknologi dalam pengembangan kelapa menjadi minyak balur serta produk farmasi dan kosmetik. Untuk dapat meningkatkan nilai jual kelapa minyak balur dimasa pandemic covid 19 perlu adanya teknologi pengembangan kelapa minyak balur dan dilakukan penganekaragaman pengelohan produk yang bernilai tinggi,misalnya minyak gosok, aromaterapi dan bedak lulur. selain itu produk tersebut diedarkan keswalayan, Toko dan Apotik di Kota dan kabupaten Gorontalo Utara. Produk-produk tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat contonya  Minyak Balur untuk pengelinu, patah tulang dan antiseranga, Aromaterapi khasiatnya untuk masuk angin, Bedak Lulur untuk perawatan kulit dan kosmetik lainya . Permasalahan berantai yang sangat menganjal adalah keterbatasan teknologi yang bisa diakses dalam hal teknologi pembuatan alat pembuatan minyak balur dan penampungannya, alat dan bahan dalam pembuatan produk kelapa serta pengemasan. Ini semua sangat mempengaruhi ekonomi lokal masyarakat. Aspek inilah yang menjadi permasalahan mendasar oleh kelompok masyarakat tentang teknologi pengembangan dan peningkatan potensi ekonomi lokal dalam hal mengembangkan Kelapa Bentuk program yang akan dilaksanakan oleh peserta KKN Tematik adalah program melestarikan desa Didingga, program pengolahan produk, program pengemasan, serta program pemasaran, program tersebut akan didistribusikan mahasiswa sesuai kebutuhan. Metode yang digunakan dalam melakukan pemberdayaan pendampingan kelompok sasaran adalah teknik pembelajaran kelompok disertai praktek yang akan nantinya bersinergi untuk mengembangkan produk farmasi dan kosmetik yang sudah terkemas dengan baik sesuai standart mutu dan kesukaan masyarakat nanti sehingga dihasilkan produk yang berkualitas dan memiliki daya saing serta pemasaran secara aktif untuk memperkenalkan lebih luas kemasyarakat dan didapatkan potensi pangsa pasar secara berkelanjutan pada program kelompok Petani dan PKK nantinya.

Full Text:

PDF

References


Ariningsih, S., Loebis, E. H., & Siregar, N. C. (2018). Pembuatan Dietanolamida dari Asam Lemak Sawit Destilat dan Minyak Kelapa untuk Sabun Transparan. Warta Industri Hasil Pertanian, 33(02), 82-89.

Badan pengawas Obat dan Makanan RI. 2014. Acuan Sediaan Herbal Volume 8 edisi 1. Badan pengawas Obat dan Makanan RI.

Hastuti dan Respati, Dyah. 2009. Model Pemberdayaan Perempuan Miskin Berbasis Pemanfaatan Sumberdaya Perdesaan Upaya Pengentasan Kemiskinan di Perdesaan. Universitas Negeri Yogyakarta

LPPM UNG, 2020 Panduan Penelitian dan pengabdian Pada Masyarakat

Simalango, E. (2019). Obat Herbal Alami Tradisional Fibroadenoma Mammae untuk Anda.

Susanto, T. (2012). Kajian metode pengasaman dalam proses produksi minyak kelapa ditinjau dari mutu produk dan komposisi asam amino blondo. Jurnal Dinamika Penelitian Industri, 23(2), 124-130.

Widiyanti, R. A., & Guru Mapel, P. K. N. (2015). Pemanfaatan Kelapa Menjadi VCO (Virgin Coconut Oil) Sebagai Antibiotik Kesehatan Dalam Upaya Mendukung Visi Indonesia Sehat 2015. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2015, yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang, 21 Maret 2015.




DOI: https://doi.org/10.37905/sibermas.v8i3.7983

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

LPPM Universitas Negeri Gorontalo

Jln. Jenderal Sudirman No.6 Kota Gorontalo

Homepage : http://lppm.ung.ac.id

E-mail: lpm@ung.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Sibermas (Sinergi Bersama Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License