Optimalisasi Pemanfataan Potensi Laut Desa Buladu Kecamatan Sumalata Timur Kabupaten Gorontalo Utara

Fitriane Lihawa, Femy M. Sahami

Abstract


Desa Buladu merupakan salah satu desa di Kecamatan Sumalata Timur Kabupaten Gotrontalo Utara yang berbatasan langsung dengan Laut Sulawesi. Desa ini tentu memiliki potensi laut yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang perekonomian masyarakat, namun di sisi lain desa ini memiliki potensi pertambangan emas rakyat. Kecenderungan yang terjadi adalah masyarakat Desa Buladu lebih lebih banyak memilih bekerja di pertambangan. Sementara kegiatan pertambangan emas dapat menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan. Melalui program pemberdayaan masyarakat ini, diharapkan masyarakat dapat mengembangkan potensi laut untuk peningkatan ekonomi serta diharapkan pula ke depan masyarakat dapat beralih dari kegiatan pertambangan ke kegiatan produktif lainnya. Tujuan dari kegiatan pengabdian yang dikemas dalam program Kuliah Kerja Sibermas (KKS) Tematik yang melibatkan mahasiswa dan dosen adalah ini adalah melakukan upaya optimalisasi pemanfaatan potensi laut melalui pembuatan demplot budidaya rumput laut dan pemanfaatan ikan teri (gisau) menjadi rempeyek. Metode yang diterapkan berupa transfer pengetahuan dan teknologi melalui teknik pembelajaran partisipatif dan praktek langsung dalam pembuatan demplot budidaya rumput laut dan pengolahan ikan gisau menjadi rempeyek. Luaran dari kegiatan ini adalah ditemukannya permasalahan masyarakat dalam budidaya rumput laut dan terciptanya produk olahan gisau. Target jangka panjang yang diharapkan adalah produk olahan gisau menjadi salah satu produk yang dapat menjadi mata pencaharian pencaharian alternative yang dapat menjadi usaha bisnis produk khas Desa Buladu.

Full Text:

PDF

References


Aryati, E.E. & A.W.S., Dharmayanti. (2014). Manfaat ikan teri segar (Stoleporus sp.) terhadap pertumbuhan tulang dan gigi. ODONTO Dental Journal. Volume 1, Nomor 2: 52-56.

Kesumasari, C., Kurniati, Y., Syam, A., Salam, A., & Virani, D. (2020). Pencegahan Stunting Pada Balita Melalui Pemberdayaan Kader PKK Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Jurnal Panrita Abdi, 4(3), 322 - 327.

Profil Desa Buladu, 2020. Kantor Desa Buladu Kecamatan Sumalata Timur Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo. Gorontalo.

Radiarta, I.N., T.H. Prihadi, A. Saputra, J. Haryadi, dan O. Johan. (2007). Penentuan lokasi budi daya rumput laut (Eucheuma spp.) berdasarkan parameter lingkungan di Perairan Kecamatan Moro, provinsi Kepulauan Riau. Jurnal Riset Akuakultur. Volume 2 Nomor 3.: 319-328.

Sahami, F.M., & Hamzah, S.N. (2018). Diversifikasi Olahan Cumi Kering “Cumkring O500” Melalui KKN-PPM di Desa Olimoo’o Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Jurnal Panrita Abdi, 4(3), 281- 289




DOI: https://doi.org/10.37905/sibermas.v8i3.8090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

LPPM Universitas Negeri Gorontalo

Jln. Jenderal Sudirman No.6 Kota Gorontalo

Homepage : http://lppm.ung.ac.id

E-mail: lpm@ung.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Sibermas (Sinergi Bersama Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License