Pemanfaatan Media Sosial untuk Mempromosikan Potensi Daya Saing Desa Topi
Salim Korompot, Mohamad Rizal Pautina, Rena Madina
Abstract
Desa Topi, Kecamatan Biau, Kabupaten Gorontalo Utara, sebagai salah satu desa yang terdapat di garis pesisir Utara Sulawesi. Pesisir yang melintasi garis pantai 3 (tiga) Provinsi, yakni Provinsi Sulawesi Utara, Provinsi Gorontalo dan Provinsi Sulawesi Tengah. Meskipun berada digaris pesisir, kekayaan potensi Desa Topi belum nampak secara maksimal sesuai dengan tujuan pembangunan di desa. Padahal Desa Topi memiliki kekayaan potensial yang mampu berdaya saing, seperti potensi Tanjung dan Pantai Patoalimu, ikan khas dan udang windu. Adanya permasalahan keterbatasan infrastruktur, belum optimalnya pengelolaan potensi dan belum maksimalnya keterlibatan masyarakat secara partisipatif dalam pembangunan di desa menjadi kendala dan tantangan yang memerlukan solusi terprogram. Program KKN Tematik pelatihan pemanfaatan media sosial dalam mempromosikan daya saing desa Topi, yang dilakukan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan, dengan tahapan: tahap pembekalan, tahap pelaksanaan kegiatan, hasil pelatihan, tahap evaluasi dan monitoring, dan dampak pelatihan. Pelatihan dan pendampingan dalam program ini mampu berkontribusi terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam memanfaatkan media sosial guna mempromosikan daya saing desa, sekaligus mampu memberi dampak terhadap peningkatkan partisipasi masyarakat dalam membangun desa dengan memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan potensi daya saing desa Topi.
References
Hakim, Lukmanul, S.Ag, M.Si. 2017. Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Desa Sukamerta Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang. Jurnal Politikom Indonesiana, VOL. 2 NO. 2 November 2017.
Suryani Ita. 2014. Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pemasaran Produk dan Potensi Indonesia dalam Upaya Mendukung ASEAN Community 2015. (Studi Social Media Marketing Pada Twitter Kemenparekraf RI dan Facebook Disparbud Provinsi Jawa Barat) . Jurnal komunikasi, ISSN 1907-898X Volume 8, Nomor 2, April 2014
Umami, Zahrotul. 2015. Social Strategy pada Media Sosial untuk Promosi Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Interaksi, Vol 4 No 2, Juli 2015 : 195 - 201
Widyaningrum, Premi Wahyu. 2016. Peran Media Sosial sebagai Strategi Pemasaran pada Sewa Kostum Meiyu Aiko Malang . Al Tijarah: Vol. 2, No. 2, Desember 2016 (230-257).
DOI:
https://doi.org/10.37905/sibermas.v8i3.8110
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
LPPM Universitas Negeri Gorontalo
Jln. Jenderal Sudirman No.6 Kota Gorontalo
Homepage : http://lppm.ung.ac.id
E-mail: lpm@ung.ac.id

Jurnal Sibermas (Sinergi Bersama Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License