Peningkatan Potensi Ekonomi Masyarakat di Kawasan Teluk Tomini Melalui Pelatihan Kreativitas Bagi Ibu Rumah Tangga

Tuti Wantu, Idriani Idris

Abstract


Kreativitas yang dimiliki oleh setiap orang bervariasi sehingga perlu distimulir dan dikembangkan untuk menjadikan mereka sebagai pribadi yang kreatif. Meski begitu, para ibu rumah tangga kreatif ini tak selalu memiliki bekal pengetahuan untuk membuka usaha tanpa ada bantuan dari berbagai pihak baik pemerintah maupun perguruan tinggi yang berwenang. Sehubungan dengan hal tersebut KKN Tematik ini bertujuan: (1) Meningkatkan potensi ekonomi masyarakat di Kawasan Teluk Tomini melalui pelatihan kreativitas untuk ibu-ibu rumah tangga. (2) Meningkatkan kompetensi kreativitas ibu-ibu rumah tangga di Kawasan Teluk Tomini dalam meningkatkan kualitas kesejahteraan keluarganya. (3) Terbentuknya kelompok-kelompok  ibu rumah tangga dalam  membuat sebuah usaha dari hasil kreativitasnya. Metode pelaksanaan pelatihan 25% Teori dan 75% Praktek materi pelatihan sesuai dengan kebutuhan yaitu peningkatan kreativitas kegiatan usaha dengan memberikan materi pengolahan limbah laut dan hasil tanaman jagung, media dan alat mendukung, evaluasi pelatihan melalui penilaian dan pendampingan. Hasil pelaksanaan pengabdian masyarakat melalui program kegiatan pelatihan kreativitas “pembuatan tempat tissue menggunakan limbah laut (kerang) dan pembuatan cemilan jasuke yang berbahan dasar jagung mampu meningkatkan potensi ekonomi masyarakat terutama ibu-ibu rumah tangga di Desa Koluwoka Kecamatan Sumalata Timur Kabupaten Gorontalo Utara sehingga mampu menumbuhkan jiwa kewirausahaan masyarakat terutama ibu-ibu rumah tangga untuk mendirikan usaha secara mandiri.

 


Full Text:

PDF

References


Aristha P., Agustinus O,. Afia W., Arga F., Dewi P, S,. 2017. Pelatihan Pembuatan Bross dengan Bahan Dasar Kain Perca Desa Cangkringan Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Abadimas Adi Buana. Volume 01. Nomor 1.

Ayu P, W. 2014. Pemberdayaan Masyarakat Desa dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Keluarga Melalui Pelatihan Pembuatan Sapu Gelagah di Desa Kajongan Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga. Skripsi (tidak diterbitkan) Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Kamil, Mustofa. 2012. Model Pendidikan dan Pelatihan.Bandung:Alfabeta

Leolita C, Utsman. 2015. Program Pelatihan Ibu Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Kreativitas Kegiatan Usaha Pengolahan Pangan Kue Semprong (Studi Kasus Pada UKM Nining di Desa Blambangan Kabupaten Magelang). Journal Of Non Formal Education and Community Empowerment. Volume 04. Nomor 1.

Suharto, E. 2009. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: Refika Aditama.

Sulistiyani, A.T. 2004. Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan. Yogyakarta: Gava Media




DOI: https://doi.org/10.37905/sibermas.v9i3.8118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

LPPM Universitas Negeri Gorontalo

Jln. Jenderal Sudirman No.6 Kota Gorontalo

Homepage : http://lppm.ung.ac.id

E-mail: lpm@ung.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Sibermas (Sinergi Bersama Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License