Pengembangan Desa Kreatif Melalui Implementasi Program Kampus Merdeka-Merdeka Belajar dan Hilirisasi Riset

I Wayan Sudana, Ulin Naini

Abstract


Salah satu indikator utama dari desa kreatif adalah berkembangnya industri kreatif di desa bersangkutan. Oleh karena itu, untuk membangun desa kreatif harus diawali dengan pengembangan industri kreatif. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun desa kreatif melalui pengembangan industri kreatif subsektor kerajinan dengan menerapkan hasil penelitian (hilirisasi riset) dosen. Metode yang digunakan adalah pelatihan (workshop) melalui tahap: sosialisasi program dan perekrutan peserta, pembekalan wawasan seni kerajinan, pembentukan produk-produk seni kerajinan, finishing, serta promosi dan pemasaran produk. Hasil yang dicapai adalah: 1) meningkatkan jumlah masyarakat yang terlibat dalam pengembangan industri kreatif subsektor kerajinan; 2) meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam memproduksi produk-produk seni kerajinan; 3) meningkatnya apresiasi dan konsumsi masyarakat terhadap produk-produk seni kerajinan. Disimpulkan, bahwa melalui pengembangan industri kreatif berpeluang untuk dibangun desa kreatif.

Full Text:

PDF

References


Fillis, Ian Ronald. (2003). “Image, Reputation and Identity Issues in the Arts and Crafts Organization.” Corporate Reputation Review. 6 (3): 239-251.

Sudana, I Wayan. 2019). “Seni Karawo Gorontalo: Bentuk Estetik dan Konsep Pengembangan.” Disertasi pada Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

Sudana, I Wayan, Suleman Dangkua, dan I Wayan Seriyoga P. 2015. ”Formulasi Bahan dan Metode Finishing untuk Produk Kriya dari Kayu Lokal Gorontalo Berkualitas Rendah.” Laporan Hasil Penelitian, Lembaga Penelitian Universitas Negeri Gorontalo.

Sudana, I Wayan. 2010. “Formulasi Bahan dan Teknik Finishing Untuk Produk-Produk Kriya.” Jurnal Teknik. 8 (2): 196-207.

Tim Elsppat. 1999. Pengawetan Kayu dan Bambu, Jakarta: Puspa Swara.

Tim Studi Industri Kretaif Indonesia. 2008.. Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025. Jakarta: Departemen Perdagangan Republik Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.37905/sibermas.v9i3.8120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

LPPM Universitas Negeri Gorontalo

Jln. Jenderal Sudirman No.6 Kota Gorontalo

Homepage : http://lppm.ung.ac.id

E-mail: lpm@ung.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Sibermas (Sinergi Bersama Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License