Upaya Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Sumber Daya Pesisir

Lailany Yahya, Masra Latjompoh

Abstract


Pemberdayaan masyarakat adalah upaya untuk membuat masyarakat berperan aktif dalam aktivitas social. Tujuan yang ingin dicapai pada kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik adalah meningkatnya pengetahuan dan partisipasi aktif masyarakat desa dalam memanfaatkan potensi desa sebagai upaya meningkatkan ekonomi masyarakat dan pengelolaan lingkungan hidup yang sehat. Target khusus kegiatan, yaitu: (1) peningkatan kesadaran masyarakat dalam mengelola potensi sumber daya alam lokal masyarakat pesisir, (2) terwujudnya kelestarian lingkungan masyarakat desa. Metode kegiatan KKN tematik ini adalah metode workshop dalam bentuk pelatihan dan pendampingan pada masyarakat melalui pelatihan pengembangan produk kerajinan tangan dan usaha masyarakat secara intensif sehingga tercapai seluruh target dan luaran yang diharapkan melalui pelaksanaan kegiatan KKN tematik ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir.

Full Text:

PDF

References


Chandra, Ganesh. 2014. “Participatory Rural Appraisal”. Issues and Tools for Social Science Research in Inland Fisheries. Central Inland Fisheries Research Institute. Bulletin 163. Pp. 286-302.

Chambers, R. 1994. “The Origins and Practice of Participatory Rural Appraisal.” World Development. 22(7): 953-69.

Fitria, L., Fitrianingsih, Y., & Jumiati. 2020. “Penerapan Teknologi Penanaman Mangrove di Kabupaten Mempawah Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia”. Jurnal Panrita Abdi. 4(2), 126-135.

Gitosaputro S. 2006. “Implementasi Participatory Rural Appraisal (PRA) dalam Pemberdayaan Masyarakat”. Komunitas; Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam. 2(1).

Haris, A. 2014. “Memahami Pendekatan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Media”. Jupiter. XIII (2), 50 – 62.

Musapana, S. & Amalia, I. R. 2020. “Kerajinan Limbah Cangkang Kerang Sebagai Alternatif Pembuatan Bros Ramah Lingkungan Tambakrejo Semarang”. Abdi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat. 2(1), 58-66.

Widjajanti, K. 2011. “Model Pemberdayaan Masyarakat”. Jurnal Ekonomi Pembangunan. 12(1):15-27.




DOI: https://doi.org/10.37905/sibermas.v8i3.8266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

LPPM Universitas Negeri Gorontalo

Jln. Jenderal Sudirman No.6 Kota Gorontalo

Homepage : http://lppm.ung.ac.id

E-mail: lpm@ung.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Sibermas (Sinergi Bersama Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License