Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Petani Melalui Pemanfaatan Buah Kelapa Sebagai Bahan Baku Yang Diolah Menjadi Produk Kue Dan Aneka Cemilan

Lydia Surijani Tatura, Berni Idji, Niniek Pratiwi

Abstract


Program ini bertujuan  untuk Pengembangan  Potensi Desa di tengah Pandemi Covid-19 dengan meningkatkan nilai ekonomi komoditas kelapa di Desa Londoun Kecamatan Popayato Timur Kabupaten Pohuwato, melalui Pemanfaatan Buah Kelapa Sebagai Bahan Baku Yang Diolah Menjadi Produk Kue Dan Aneka Cemilan yang enak dan bergizi yang memiliki nilai jual, karena Pemanfaatan buah kelapa oleh petani kelapa maupun masyarakat pada umumnya masih berupa pembuatan kopra dan minyak goreng yang masih menggunakan alat tradisional serta penjualan  bahan  mentah  yang  hanya terbatas di pasar   tradisional. Metode yang digunakan dalam program ini yaitu penyuluhan dan pelatihan bagi masyarakat. Dengan alur kegiatan  yaitu persiapan dan pembekalan mahasiswa KKN, kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan, yaitu penyuluhan dan pelatihan pada masyarakat. Dengan adanya partisipasi masyarakat, diharapkan menghasilkan ide-ide baru  dalam mengolah buah kelapa, demi keberlanjutan program ini.

Full Text:

PDF

References


Kusumawardani, Wahyu. 2011. Pemanfaatan air kelapa sebagai produk olaha kecap dengan penambahan bubuk kedelai dan bubuk tempe. Universitas sebelas maret. Surakarta.

LPPM UNG 2020 Panduan Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat. Gorontalo: UNG.

Novarianto, H. 2005. Plasma Nutfah dan Pemuliaan Kelapa. Badan Libangtan. Puslitbangbun. Balai Penelitian Tanaman Kelapa dan Palma Lain. 84 hal.

Palungkun, 2004. Aneka Produk Olahan Kelapa. Penebar Swadaya. Jakarta.

Profil Desa Londoun. 2020

Rindengan dan Allorerung, 2004. Potensi dan Pengolahan Buah Kelapa Muda. Monograf Pasca Panen. Balitka. 55-66p




DOI: https://doi.org/10.37905/sibermas.v8i3.8337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

LPPM Universitas Negeri Gorontalo

Jln. Jenderal Sudirman No.6 Kota Gorontalo

Homepage : http://lppm.ung.ac.id

E-mail: lpm@ung.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Sibermas (Sinergi Bersama Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License