Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Berbasis Teknologi Informasi

Besse Marhawati, Intan Abdul Razak, Nurhayati Tine

Abstract


Teknologi Informasi dapat membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan menyebarkan informasi. Teknologi informasi dapat berupa komputer pribadi, telepon, Televisi, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern seperti ponsel. Pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan sumber daya alam berbasis teknologi informasi bertujuan:(1) memberikan pelatihan kepada kelompok-kelompok masyarakat di desa Sembihingan dalam menyebarkan informasi melalui sosial media seperti youtube, instagram, facebook, dan lain-lain; (2) membentuk pola kebiasaan masyarakat di desa Sembihingan dalam memasarkan hasil-hasil alam melalui teknologi informasi; (3) meningkatkan taraf ekonomi masyarakat di desa Sembihingan dengan pemasaran hasil-hasil alam melalui teknologi informasi; (4) mengikutsertakan mahasiwa membantu masyarakat dalam kegiatan-kegiatan pelatihan berbasis teknologi informasi. Metode yang digunakan adalah pemberian palatihan teknologi informasi kepada masyarakat. Hasil dari pelatihan ini diharapkan adanya pemahaman dan penggunaan teknologi informasi melalui youtube, instagram, dan facebook pada masyarakat dalam memasarkan dan mempromosikan hasil-hasil alam dan tumbuhnya kesadaran dan pola kebiasaan masyarakat dalam memasarkan hasil-hasil alam melalui teknologi informasi serta memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam membantu masyarakat memasarkan dan mempromosikan hasil-hasil alam melalui teknologi informasi. Adapun kesimpulan dari pelaksanaan program KKN tematik ini adalah: (1) dapat memberikan pemahaman tentang penggunaan teknologi informasi dalam memasarkan dan mempromosikan hasil-hasil alam di desa Sembihingan, (2) dapat menumbuhkan kesadaran dan pola kebiasaan masyarakat di desa Sembihingan dalam memasarkan hasil-hasil alam melalui teknologi informasi serta memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam membantu masyarakat memasarkan dan mempromosikan hasil-hasil alam melalui teknologi informasi, dan (3) dapat memberikan manfaat bagi pemerintah dan masyarakat, serta terjalinnya hubungan yang akrab antara mahasiswa, Karang Taruna, dan masyarakat. Untuk itu disarankan kepada pemerintah desa Sembihingan kecamatan Biau kabupaten Gorontalo Utara agar dapat memotivasi masyarakat untuk menggunakan teknologi informasi dalam mempromosikan hasil-hasil alamnya dan kepada masyarakat yang telah mengikuti pelatihan teknologi informasi agar membagi pengetahuan dan pengalamannya kepada anggota masyarakat lainnya yang belum sempat mengikuti pelatihan serta memanfaatkan teknologi informasi dalam mamasarkan potensi-potensi alam.

Full Text:

PDF

References


https://bpdaskepri.wordpress.com/review-lahan-kritis-2/. Diakses 02Januari 2020.

Maharani Hamidah M, dan Farell G. 2019. “Perancangan Sistem Pelayanan Restoran Berbasis Web Mobile Menggunakan Framework”. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan -ISSN: 2086 – 4981 Vol. 12, No. 1.

Muhammad F, Hadi A, Irfan. 2018. “Pengembangan sistem informasi panduan mitigasi bencana alam provinsi sumatera barat berbasis android”. Jurnal teknologi informasi & pendidikan. ISSN : 2086 – 4981 VOL. 11 NO. 1.

Nelfira, dan Hayat Sabri. 2016. “Implementasi Sistem Penjualan Toko Online Pada Verici Sport Dengan Menggunakan Pemrograman Php: Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan. ISSN : 2086 – 4981 VOL. 9 NO. 2.

Noor M. 2011. “Pemberdayaan Masyarakat”. Jurnal Ilmiah CIVIS. Volume I, No 2.

Sriwahyuni T, Oktoria, dan Dewi IP. 2019. ”Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Pariwisata Berbasis Web: Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan. ISSN: 2086 – 4981 Vol. 12, No. 1.

Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. Ddiakses 03 Januari 2020.




DOI: https://doi.org/10.37905/sibermas.v8i3.8456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

LPPM Universitas Negeri Gorontalo

Jln. Jenderal Sudirman No.6 Kota Gorontalo

Homepage : http://lppm.ung.ac.id

E-mail: lpm@ung.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Sibermas (Sinergi Bersama Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License