PENGARUH INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UKM FLAMBOYAN DI KOTA GORONTALO

Bayu Rizki Moputi, Wawan K. Tolinggi, Yuriko Boekoesoe

Abstract


Pertumbuhan perindustrian di Provinsi Gorontalo telah mengalami perubahan kemajuan pada setiap sektor usaha, tercatat pada Tahun 2017 terdapat 36.465 unit usaha tersebar di Gorontalo. Peneltian ini bertujuan 1) Mengetahui inovasi produk apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian pada UKM Flamboyan di Kota Gorontalo. 2) Menganalisis variabel apakah yang paling mempengaruhi keputusan pembelian pada UKM Flamboyan di Kota Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan maret – april 2018 di UKM Flamboyan. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan survey dengan analisis data menggunkan analisis deskriptif kualitatif, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Variabel kualitas produk berpengaruh positif tetapi belum cukup signifikan terhadap keputusan pembelian produk pada UKM Flamboyan dengan nilai thitung 1,202. 2) Variabel varian produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk pada UKM Flamboyan dengan nilai thitung 3,816. 3) Variabel desain produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk pada UKM Flamboyan dengan nilai thitung 2,621. Koefisien determinasi (R2) = 0,552 yang menunjukkan 55,2% pengaruh kualitas produk, varian produk, desain produk dan 44.8% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti.

Keywords


inovasi produk, keputusan pembelian, usaha kecil menengah

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Provinsi Gorontalo. BPS. Provinsi Gorontalo

Fandy Tjiptono. 2008. Strategi Bisnis Pemasaran. Andi. Yogyakarta

Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSs. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Kotler, Philip. 2000. Manajemen pemasaraan. Edisi Milenium. Prenhallindo. Jakarta

Kotler dalam Amstrong. 2003. Dasar-Dasar Pemasaran. Intermedia. Jakarta

Kotler, Philip & Amstrong, Gary. 2005. Dasar-dasar Pemasaran. Prehallindo. Jakarta

Kotler Philip & Garry Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Erlangga. Jakarta

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Erlangga. Jakarta

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2009, Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta

Kotler, Philip., Gary Armstrong. 2012. Principles of Marketing. Prentice Hall Inc, New Jersey. Empat. Jakarta

Mardikanto. 2007. Pengantar Ilmu Pertanian. Surakarta

Santoso, Singgih. 2000. Buku latihan SPSS latihan parametrik. PT. Elex media koputindo. Jakarta

Tohar. 2007. Membuka Usaha Kecil. Kanisius. Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.37046/agr.v3i1.9695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis (P-ISSN: 2597-7075, E-ISSN: 2541-6847) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS