STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA STIK JAGUNG PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) LESTARI DI DESA BARAKATI

Rekawati Bobihu, Mahludin Baruwadi, Yuriko Boekoesoe

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui Faktor Lingkungan Internal dan Lingkungan Eksternal usaha Stik Jagung dan Strategi Pengmbangan Usaha Stik Jagung pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Lestari di Desa Barakati. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara, studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT. Informan penelitian berjumlah 3 orang, yaitu Pemilik UMKM, Karyawan dan Konsumen dari UMKM Lestari. Hasil Penelitian ini  Identifikasi faktor internal dan faktor eksternal usaha Stik Jagung di UMKM Lestari : Faktor internal meliputi: kekuatan yang ada di UMKM Lestari yaitu Produk yang memiliki banyak rasa, Pelatihan khusus untuk karyawan, Ketersediaan bahan baku utama, Produk tanpa bahan pengawet, Menerapkan standar GMP/SOP, Harga yang murah, Kegiatan Produksi menggunakan teknologi, Loyalitas terhadap konsumen, dan Kemampuan bermitra dengan stockholder. Sedangkan kelemahan yang ada di UMKM Lestari adalah Lokasi usaha selalu banjir, Kegiatan promosi yang belum efektif,  Tidak memiliki hak paten, dan bentuk kemasan kurang menarik. Faktor eksternal meliputi : peluang yang akan nanti ada d UMKM Lestari yaitu Konsumsi terhadap makanan jadi, Peningkatan jumlah penduduk, Pertumbuhan ekonomi daerah, Perkembangan teknologi dan Ekspansi usaha. Sedangkan ancaman yang ada di UMKM Lestari yaitu Produk sejenis, Meningkatnya harga bahan baku utama, Meningkatnya tarif transportasi, adanya pesaing dari UMKM lainnya, perubahan selera konsumen dan System regulasi dan perpajakan. Strategi pengembangan usaha Stik Jagung di UMKM Lestari berdasarkan diagram SWOT pada posisi kuadran III, maka strategi yang terpilih adalah kombinasi strategi S-T yaitu: 1). Diversifikasi produk , 2). Membuat surat kemitraan dengan petani jagung.

Keywords


Stik Jagung, Strategi Pengembangan, Usaha Kecil Menengah

Full Text:

PDF

References


BPS. 2013. Kabupaten Gorontalo dalam angka. Gorontalo 2013.

Anggrieni , Sri Wulan. 2004. Kajian Strategi Pengembangan Usaha Kecil Moci Lampion Di Kota Sukabumi. Skripsi. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor.

Kereh, Dennis., Benu, Noortje., dan Agnes, Loho. 2017. Strategi Pengembangan Industri Rumah Tangga Kerajinan Bambu Di Kinilow Kecematan Tomohon utara Kota Tomohon. Jurnal. Program Studi Agribisnis. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Muhamad , 2003. Subsektor Tanaman Pangan. Provinsi Gorontalo

Saban, Hafsa. 2017. Strategi Pemanfaatan Pekarangan Dalam Upaya Pemenuhan Kebutuhan Keluarga Di Kecamatan Tidore Kota Tidore Kepulauan. Skripsi. Jurusan Agribisnis. Fakultas Pertanian. Universitas Negeri Gorontalo.

Saragi. Adhe anggreini .2016. Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah Sektor Industri Kerajinan Batu Bata Berdasarkan Analisis Swot Kasus Kecamatan Piyungan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengatahuan sosial. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.37046/agr.v3i1.9706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis (P-ISSN: 2597-7075, E-ISSN: 2541-6847) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS