STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KEDAI KOPI D’PHILOCOFFEE DI KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW UTARA

Rifkiawan Baba, Mahludin Baruwadi, Yuriko Boekoesoe

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi faktor eksternal dan faktor internal yang ada dalam menjalankan usaha dan 2) merumuskan strategi alternatif dalam pengembangan usaha Kedai kopi D’Philocoffe di Kabupaten Bolang Mongondow Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, dengan jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis SWOT  melalui beberapa tahapan yaitu pembobotan menggunakan tabel IFE dan EFE. Hasil penelitian yaitu: 1) Aspek-aspek yang ada pada lingkungan internal, antara lain; (a) Kualitas produk/menu, (b) Harga jual produk, (c) Fasilitas fisik, (d) Sarana dan prasarana penunjang, (e) Pelayanan konsumen, dan 2) Aspek-aspek pada lingkungan eksternal, yaitu; (a) Ketersediaan bahan baku, (b) Persaingan usaha, (c) Kondisi ligkungan sosial, ekonomi dan budaya, (d) Perkembangan teknologi (e) Kebijakan pemerintah dan ketersediaan lembaga permodalan. Posisi usaha D’Philocoffee berada pada posisi kuadran I (agresif), sehingga strategi yang baik digunakan adalah Strategi SO; yaitu: 1)melakukan promosi yang lebih intensif dengan memperkenalkan berbagai keunggulan yang dimiliki oleh D’Philocoffee, 2)  memaksimalkan penggunaan teknologi untuk keberlangsungan usaha, 3) menjaga kestabilan harga produk dengan melakukan kerja sama yang baik dengan produsen dan pemasok bahan baku produksi, 4) memanfaatkan tersedianya lembaga permodalan untuk memenuhi kebutuhan modal dalam pengembangan usaha.

Keywords


Pengembangan, strategi, kedai kopi, dan SWOT

Full Text:

PDF

References


Amirullah. 2015. Manajemen Strategi: Teori Konsep Kinerja, Jakarta: Mitra Wacana Media.

David, Fred R. 2011. Strategic Management: Manajemen Strategi Konsep, Edisi 12, Jakarta: Salemba Empat.

Fahrizal, M. 2014. Studi Etnografis Aktifitas Dan Peran Kedai Kopi Di Perumnas Simalingkar, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan. (Skripsi). Medan: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara.

Hunger, David, J. Dan Thomas L. Wheelen, 2003. Manajemen Strategis, Edisi 2, Jakarta: Andi.

Listyari, W. 2006. Analisis Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Coffee Shop De Koffie Pot, Bogor. (Skripsi). Bogor: Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Rangkuti, Freddy. 2016, Teknik Membedah Kasus Bisnis ANALISIS SWOT, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37046/agr.v3i2.9717

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis (P-ISSN: 2597-7075, E-ISSN: 2541-6847) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS