ANALISIS EFISIENSI USAHATANI JAGUNG DI KECAMATAN RANDANGAN KABUPATEN POHUWATO

Kusnul Chotimah, Mahludin Baruwadi, Yuliana Bakari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat alokasi efisiensi teknis usahatani jagung di Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato, mengukur tingkat alokasi efisiensi alokatif usahatani jagung di Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato,dan mengukur tingkat alokasi efisiensi ekonomi usahatani jagung di Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato. Penelitian dilakukan di Provinsi Gorontalo, yaitu Kecamatan Randangan, Kabupaten Pohuwato. Metode yang digunakan adalah metode survei yaitu pengumpulan data berdasarkan wawancara dan observasi. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode Stratified Random Sampling. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan yaitu untuk menganalisis efisiensi usahatani jagung menggunakan analisis fungsi produksi Cobb-Douglas Stochastic Frontier. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat alokasi efisiensi teknis sebesar 0,75 di atas 0,7 mengindikasikan bahwa petani cukup efisien secara teknis. Efisiensi alokatif petani sebesar 0,99 di atas 0,7 mengindikasikan bahwa petani sudah efisien secara alokatif, sedangkan efisiensi ekonomi petani sebesar 0,73 di atas 0,70 mengindikasikan bahwa petani sudah efisien secara ekonomi. Penggunaan input yang optimal serta biaya yang di keluarkan dalam usahatani jagung tidak berlebihan dapat memperoleh hasil efisiensi usahatani jagung sudah efisien secara teknis alokatif dan ekonomi.

Keywords


Efisiensi, Stochastic Frontier, Usahatani, Jagung

References


BPS Kabupaten Pohuwato. 2018 ,Kabupaten Pohuwato Dalam Angka. Kabupaten Pohuwato.

Daniel, Moehar. 2002. Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Daniel, Moehar. 2005. Pengantar Ekonomi Pertanian. Bumi Aksara. Jakarta.

Hasibuan, Sp, Melayu. 2009. Pengelolaan Sumber Daya Industri. PT. Rineka Cipta Karya. Jakarta.

Noer , S. C., 2017. Analisis Efisiensi Produksi Usahatani Padi Ladang Di Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan. Skripsi. Universitas Lampung , Lampung.

Purwono dan Hartono, Rudi. 2008. Bertanam Jagung Unggul. Penebar Swadaya. Jakarta.

Rachman, Arief. 2014. Analisis Efisiensi dan Faktor-Faktor Produksi Usahatani Padi Di Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan. Skripsi. Universitas Diponegoro, Semarang.

Remedy Taufiq. 2015. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Produksi Jagung Di Kecamatan mranggen Kabupaten Demak. Skripsi. Universitas Diponegoro, Semarang.

Rosyidi, Suherman. 2009. Pengantar Teori Ekonomi . PT.Raja Persada.Jakarta.

Soeharno. 2007. Ekonomi Manajerial. C.v Andi Offset. Yogyakarta.

Soekartawi, 2002. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian.Teori dan Aplikasi.Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Soekartawi. 2003. Teori Ekonomi Produksi Dengan Pokok Bahasan Analisis Fungsi Cobb-Douglas: CV Rajawali. Jakarta.

Suratiyah, Ken. 2008. Ilmu Usahatani. Bumi Aksara. Jakarta.

Yus Nurjannah. 2014 Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Jagung Di Kecamatan Kuala Kabupaten Raya. Skripsi. Universitas Teuku Umar Meulaboh, Aceh Barat.




DOI: https://doi.org/10.37046/agr.v3i3.9747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis (P-ISSN: 2597-7075, E-ISSN: 2541-6847) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS