AROMATERAPI LAVENDER TERHADAP PENGURANGAN MUAL MUNTAH PADA IBU HAMIL

Rosalinna Rosalinna

Abstract


Mual muntah adalah ketidaknyamanan umum yang dialami oleh 50% wanita hamil umumnya terjadi pada trimester pertama. Salah satu penatalaksanaan untuk mengurangi terapi non-farmakologis adalah pemberian aromaterapi lavender. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efek pemberian aromaterapi lavender untuk mengurangi muntah mual pada wanita hamil trimester pertama. Metode Penelitian: yang digunakan adalah eksperimen quasy dengan pendekatan pretest-posttest dengan desain kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah quota sampling, jumlah sampel 30 ibu hamil trimester 1 di wilayah puskesmas Jambu Kulon dibagi menjadi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Analisis data menggunakan T Paired adalah perbedaan yang signifikan pada kelompok perlakuan (p value = <0,001) sedangkan kelompok kontrol tidak ada perbedaan yang signifikan (p value = 0,205). Uji efek menggunakan T Independen dibandingkan dengan dua kelompok, ada efek aromaterapi lavender pada pengurangan mual dan muntah pada trimester pertama wanita hamil p-value (<0,001) <α (0,05). Ada pengaruh pemberian aromaterapi lavender untuk menurunkan muntah mual pada ibu hamil trimester pertama di wilayah Puskesmas Jambu Kulon.


Keywords


aromaterapi lavender; mual muntah; kehamilan trimester pertama

Full Text:

PDF

References


Buckle, J. (2013). Clinical Aromatheraphy (second edition). United States: Churchill Livingstone.

Cavanagh, H. M. A. dan Wilkinson, J. M. (2002).Biological Activities of Lavender Essential Oil. Pytotherapy Research, Vol. 16, No. 4, hal. 301-308.

Hidayati, R (2009). Asuhan Keperawatan pada Kehamilan Fisiologis dan Patologis. Jakarta: Salemba Medika

Ghani RMA, Ibrahim ATA. (2013). The Effect of Aromatherapy Inhalation on Nausea and Vomiting in Early Pregnancy: A Pilot Randomized Controlled Trial. Journal of Natural Sciences Research. Vol.3, No.6. Hal 10- 23

Lyth, G. (2010). The History of Aromatherapy.Diunduh dari http://www.quinessence.com/history-of-aromatherapy-2 pada 5 September 2017.

Paramitha, Meiriza. (2016). Pengaruh Pemberian Aromaterapi Lavender (Lavandula Angustifolia) terhadap Penurunan Mual dan Muntah Ibu Hamil Trimester di Puskesmas Dangung-Dangung Kabupaten Lima Puluh Kota (internet). Diunduh dari http://scholar.unand.ac.id/9494/ pada tanggal 5 September 2017.

Runiari, Nengah. (2010). Asuhan Keperawatan pada Klien dengan Hiperemesis Gravidarum: Penerapan Konsep dan Teori Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Prawirohardjo S. (2009). Ilmu Kebidanan. Jakarta: PT.Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo

Tiran, D. 2008. Nausea and Vomitting in Pregnancy. Jakarta: EGC

Wiknjosastro, H. 2009. Ilmu Kandungan. Jakarta: PT Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo




DOI: https://doi.org/10.37311/jhsj.v1i2.2489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons
Jambura Health and Sport Journal  (p-ISSN: 2654-718X | e-ISSN: 2656-2863) dilisensikan di bawah  Lisensi  Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

 

Jambura Health and Sport Journal  Terindeks dan Termasuk Database pada: