EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LEAFLET DAN BUKU SAKU TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP WUS TENTANG DETEKSI DINI KANKER SERVIKS

paulin kusmaryati

Abstract


Kanker serviks adalah tumor ganas yang tumbuh didalam leher rahim, yaitu bagian terendah dari leher rahim yang menempel pada puncak vagina. Di Puskesmas Payo Selincah Kota Jambi terdapat 2 kasus WUS (wanita usia subur) yang positif terkena kanker servik di tahun 2017. Ada beberapa faktor yang mempegaruhi rendahnya pemeriksaan deteksi dini kanker serviks, serta belum di ketahui media apa yang tepat untuk penyampaian dalam upaya deteksi dini kanker serviks. Penelitian ini dilakukan di Posyandu Anggrek 4 Kelurahan Eka Jaya Kota Jambi dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan leaflet dan buku saku terhadap pengetahuan dan sikap WUS tentang deteksi dini kanker serviks Penelitian ini merupakan semi eksperimen dengan pendekatan two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah semua wanita usia subur di Posyandu Anggrek 4 Kelurahan Eka Jaya Kota Jambi. Pengambilan sampel menggunakan total sampling didapatkan 60 sampel. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner dan penyuluhan pretest dan postest. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisa, analisa data mencangkup analisis univariat untuk mencari distribusi frekuensi dan analisis bivariat dengan Uji wilcoxon (a=0,05)untuk mengetahui pengaruh antara variabel. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan tidak ada perubahan yang signifikan antara pengetahuan (p = 0,001) dan sikap(p = 1,000) sebelum dan sesudah diberikan leaflet. Ada perubahan yang signifikan antara pengetahuan (p = 0,000) dan sikap (p = 0,007) WUS sebelum dan sesudah diberikan buku saku., terdapat efektivitas penggunaan buku saku terhadap pengetahuan dan sikap  tentang deteksi dini kanker serviks,sedangkan penggunaan leaflet kurang efektif terhadappeningkatan pengetahuan dan sikap tentang deteksi dini kanker serviks.


Keywords


Buku saku; Kanker Serviks; Leaflet

Full Text:

PDF

References


Kartikawati. Waspadai Kanker Pada Wanita. Yogyakarta : Andi Offset. VI+150hlm; 2013.

Kemenkes RI,. Riset Kesehatan Dasar Tahun 2013. Jakarta; 2014.

Dinkes Jambi. Data Kanker di Kota Jambi. Dinas Kesehatan Kota Jambi; 2016.

Rasjidi. Deteksi Dini dan Pencegahan Kanker pada Wanita. Jakarta : Sagung Seto. Xii + 326 hlm; 2009.

Wawan dan Dewi, Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta : Nuha Medika. Viii+94 hlm; 2010.

Notoadmodjo S, Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta. Vii+218 hlm; 2012.

Arief S. Media Pendidikan. Jakarta : Gravindo Persada. xiv + 284 hlm; 2011

Notoadmodjo S. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta. Xii+269 hlm; 2007

Dinkes Jambi. Data Deteksi Dini Kanker Payudara dan Kanker Leher Rahim di Kota Jambi. Dinas Kesehatan Kota Jambi; 2017




DOI: https://doi.org/10.35971/jjhsr.v1i2.2397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons Licence
 

 

Jambura Journal of Health Sciences and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

</p