ANALISIS KEMAMPUAN INTELIGENSI ATLET CABANG OLAHRAGA SEPAK TAKRAW PROVINSI GORONTALO

Asry Syam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan inteligensi atlet Pelatda PON ke-XIX cabang olahraga sepak takraw di Provinsi Gorontalo tahun 2016. Jenis penelitian adalah deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet peltda PON ke-XIX cabang olahraga sepak takraw di Provinsi Gorontalo tahun 2016 dibawah binaan para pelatih yang ada di PPLP dengan jumlah atlet 13 orang. Sampel yang di ambil dari hasil total sampling berjumlah 13. Instrumen yang digunakan adalah angket. Analisis data menggunakan deskriptif presentase. Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa secara umum yang banyak memberikan pengaruh yaitu faktor kebebasan dengan jumlah presentasenya adalah 135,8%, faktor pembawaan dengan jumlah presentase 85,1%, faktor pembentukan dengan jumlah presentase 64,4%, faktor kematangan dengan jumlah presentasenya 55,6% dan terakhir adalah faktor minat dan pembawaan yang khas yaitu dengan jumlah presentase yaitu 30,7%. Nilai rata-rata tingkat inteligensi atlet Peltda PON ke-XIX cabang olahraga sepak takraw di Provinsi Gorontalo tahun 2016 yaitu 41,9 berada pada kategori “cukup”


Keywords


inteligensi, atlet sepak takraw, provinsi gorontalo

References


DAFTAR PUSTAKA

Achmad., 2015. Kepelatihan Dasar Sepak Takraw. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Achmad & Asry., 2015. Sepak Takraw Pantai. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Ahmad & Asry., 2014. Teknik Dasar Permainan Sepak Takraw. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Ali., 2009. Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Djali., 2013. Pisikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Iyakrus., 2012 Permainan Sepak Takraw. Palembang: Unsri Press.

Lailatul & Mohammad., 2014. Pengantar Psikologi Umum. Jakarata: Prestasi Pustakarya.

Nini, Daryanti, Anang, & Liswati., 2012. Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Mentari Pustaka.

Rinaldo., 2014. Upaya meningkatkan keterampilan sepak kuda melalui penerapan variasi latihan berpasangan dalam sepaktakraw dikelas viii 7 smp negeri 4 kota Bengkulu. Bengkulu: Universitas bengkulu.

Sarlito., 2010. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Yuli., 2012. Kontribusi IQ (Intelligent Quotient) dan EQ (Emotional Quotient) Terhadap Prestasi Atlet Pelatda Pencak Silat Pada Pon Ke-Xviii Tahun 2012. Surakarta: Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami No.36A Kentingan, Surakarta-57126


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jambura Journal of Sports Coaching (ISSN: 2654-3435   | e-ISSN: 2656-0436) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.