MOTIVASI SISWA SEKOLAH MENENGAN PERTAMA DALAM PEMBELAJARAN ATLETIK

Endie Riyoko

Abstract


Mata pelajaran olahraga terutama atletik (lari sprint 100 meter) di Sekolah Menengah Pertama sudah sampai pada tahap pengenalan lanjut. Maka, perlunya pendataan untuk mengetahui motivasi siswa agar dapat menyesuaikan kebutuhan siswa pada tahapan selanjutnya ataupun sebagai evaluasi pembelajaran atletik. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran atletik (lari sprint 100 meter) di Sekolah Menengah Pertama Negeri 44 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode survei. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, kuisioner/angket dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian menggunakan deskripsi persentase. Berdasarkan analisa hasil, penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa motivasi terbesar siswa dalam mengikuti pembelajaran atletik adalah karena faktor internal. Faktor internal ini timbul dalam diri sendiri yang akan mendorong siswa untuk dapat mengikuti pelajaran, bahkan akan pula terdorong untuk mencapai pada tahapan prestasi olahraga. Hal ini akan menjadi tantangan yang besar untuk guru untuk dapat memerikan bimbingan yang sesuai untuk siswa.


Keywords


motivasi siswa; atletik; sprint

References


Arifin, Z. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Arikunto S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arsil. (2010). Evaluasi Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: Wineka Media

Bahri, Syaiful Djamarah. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Firmandaru, R.N. (2018). Motivasi Kelas V Sd Negeri Tegal Panggung Kota Yogyakarta Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidkan Jasmani. Skripsi Prodi Pendidkan Guru Sekolah Penjas, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Hamzah. (2012). Teori Motivasi Dan Pengukuran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Husdarta. (2010). Psikologi Olahraga. Bandung: Alfabeta.

Kurniawan. (2011). Buku pintar olahraga.Jakarta: Laskar Aksara.

Sardiman. (2016). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sukirno. (2011). Belajar dan berlatih atletik meraih prestasi melalui atletik. Palembang: Unsri Pers.

_______. (2011). Psikologi Olahraga. Palembang: Unsri Perss..

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Nopianto, C.A, dkk. 2013. Sumbangan Daya Ledak Otot Lengan, Otot Tungkai, Kelentukan Togok Dalam Tolak Peluru. Junal ISSF Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia. ISSN: 2252-6528


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jambura Journal of Sports Coaching (ISSN: 2654-3435   | e-ISSN: 2656-0436) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.